Komunitas Beladiri di Dunia Maya



Oleh : Kiki - Anggota Milis silatIndonesia

Perkembangan teknologi informasi dan internet sangat berpengaruh pada gaya hidup manusia modern dewasa ini. Kemudahan mendapatkan informasi melalui dunia maya menyebabkan orang berusaha menyalurkan kodratnya sebagai mahluk sosial untuk bersosialisasi di dunia maya. Salah satu media komunikasi sosial yang sedang marak saat ini diantaranya milis, blogs dan discussion forum yang merupakan tempat dimana mereka berkumpul dan membentuk komunitas sesuai minat masing masing.

Hal seperti ini juga terjadi pada para penggemar dan pemerharti beladiri di Indonesia, sebut saja beberapa discussion forum seperti yang ada di www.kaskus.com yang menjadi media diskusi para pemerhati dan penggemar beladiri dari mulai beladiri luar seperti Karate, Tae kwon Do, BJJ sampai beladiri lokal seperti pencak silat dengan semua aliran yang ada di dalamnya (seperti Tenaga Dalam, Silat/Maen Po, permainan senjata dan pisau sampai hal yang bersifat supranatural). Semua itu bisa kita ikuti dan kita baca di discussion forum martial Art di kaskus.com (http://www.kaskus.us/forumdisplay.php?f=144)

Ada lagi forum beladiri didunia maya lainnya yang memiliki konsen untuk mengembangkan beladiri tradisional Indonesia yaitu FP2ST yang merupakan singkatan dari Forum Pencinta dan Pelestari Silat Tradisional. Forum ini mengemban misi menjadi wadah bagi pelestarian silat tradisional Indonesia khususnya yang sifatnya sangat tertutup atau masih dikelola secara tradisional guna dapat dilestarikan dan dibantu agar dapat lebih maju dan aliran silatnya terhindar dari kepunahan. Forum ini yang memiliki situs di www.silatindonesia.com dan memiliki official blogs di www.silat.4-all.org, memiliki member yang cukup banyak. Khususnya member mailing list yang terdaftar di Silatbogor@yahoogroups.com

www.silatindonesia.com


Related Tags :

 

Forum Sahabat Silat