Eddie Nalapraya: Deklarasikan Silat Olahraga Asli Indonesia



Ketua Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa (PERSILAT), Mayor Jenderal Purnawirawan (Pur) Eddie M Nalapraya, meminta pemerintah deklarasikan pencak silat sebagai olahraga asli Indonesia.

“Pemerintah juga hendaknya memperjuangkan pencak silat dapat dipertandingkan pada tingkat Asian Games dan Olimpiade,” kata Eddie Nalapraya, di Jakarta, Sabtu.



Selain itu, pemerintah juga diharapkan dapat menjadikan pencak silat sebagai olahraga yang menarik dan digemari oleh masyarakat dunia.

Dengan dideklarasikan menjadi olahraga asli Indonesia, menurut dia, maka pencak silat akan menjadi sebuah olahraga yang memiliki nilai lebih dibandingkan dengan cabang lainnya.

“Melihat kondisi politik saat ini, kami mengingatkan kembali agar para fungsional PB Ikatan Pencak silat Indonesia (IPSI) sekarang untuk tidak melupakan cita-cita para pendiri IPSI,” kata mantan Wagub DKI Jakarta periode 1998-2003 itu.

Pemerintah diharapkan mampu mempersatukan dan membina seluruh perguruan, melestarikan dan mengembangkan pencak silat beserta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, kata Eddie, juga menjadikan pencak silat sebagai sarana pembangunan bangsa dan watak (Nation and Character building) dan tidak terlibat politik praktis.

Diharapkan semangat dan kebersamaan yang dicita-citakan oleh pendiri silat dapat dipelihara dengan, baik bahkan kalau perlu ditingkatkan,” ujar Eddie Nalapraya yang sewaktu masih menjabat Ketua Harian PB IPSI memprakarsai PERSILAT.

Ia kembali berharap dukungan dan peran aktif pemerintah serta swasta dalam membina pencak silat, khususnya dukungan dana.

sumber: askindonesia

antara