Jatim Juara Umum Pencak Silat



Jatim Juara Umum Pencak Silat




Rabu, 16 Juli 2008 | 18:11 WIB

kompas.com SAMARINDA, RABU - Jawa Timur mempertahankan dominasinya di cabang olahraga pencak silat di ajang Pekan Olahragan Nasional dengan kembali menjadi peraih emas terbanyak. Selain dari nomor seni, Jawa Timur berjaya di nomor tanding dengan menyabet tiga medali emas dalam partai fina l di gedung serba guna Sempaja Samarinda Kalimantan Timur, Rabu (16/7).

Cabang olah raga pencak silat pada PON XVII ini menyediakan sebanyak 22 medali emas. Secara keseluruhan Jawa Timur (Jatim)memperoleh empat medali emas dan tiga perunggu. Posisi kedua ditempati Bali dengan tiga emas, lima perak dan lima perunggu.

Sementara tuan rumah Kalimantan Timur di posisi ketiga dengan tiga emas, dua perak dan empat perunggu. Provinsi DKI menyusul di tempat keempat dengan tiga emas, dua perak dan tiga perunggu.

"Kami sangat puas dengan hasil ini dan kembali menjadi juara umum. Pencapaian ini tidak mudah dan persiapan kami selama dua tahun membuahkan hasil yang maksimal sesuai target," kata manajer tim pencak silat Jatim Supratomo.

Tim Sulawesi Utara berhasil meraih dua dari delapan medali emas yang diperebutkan pada cabang olahraga pencak silat PON XVII Kaltim 2008. Perolehan ini menjadikan Sulut sebagai juara umum sebab enam emas lainnya dibagi rata kepada enam provinsi lain.

Dua emas milik Sulut itu disumbang oleh pesilat putri Pengki Simbar pada kelas-A dan Amelia Roring di kelas-D.
Pada pertandingan di GOR Sempaja, Samarinda, Rabu (16/7), Pengki mengalahkan atlet Sumatera Selatan, Ria Puspita Sari dengan skor telak 5-0. Pertemuan Sulut versus Sumsel kembali terjadi saat Amelia berhadapan dengan Nina Kurniasih yang akhirnya dimenangkan Amelia dengan skor tipis 3-2.

Sementara itu, enam emas lain dibagi rata kepada pesilat Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara, Bali, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan tuan rumah Kaltim. Berikut hasil delapan dari 16 partai final:

Putra:
1. Kelas-A Diyan Kristianto (Jateng) kalahkan Martono Kusuma B (Sumsel) teknikal
2. Kelas-B Adam Malik (Sultra) kalahkan Haris (Sulsel) 5-0
3. Kelas-C Pujo Janoko (Jabar) kalahkan Agus Triyono (Kaltim) 4-1
4. Kelas-D M. Shodiq (Kaltim) kalahkan Andi Irsan Anwar (Sulsel) 5-0

Putri:
1. Kelas-A Pengki Simbar (Sulut) kalahkan Ria Puspita Sari (Sumsel) 5-0
2. Kelas-B Tuti Trisnayanti (Bali) kalahkan Permata Kemalasari (Sultra) 5-0
3. Kelas-C Hariyani Yahya (Sulsel) kalahkan Anissa Pengestina (Jateng) 4-1
4. Kelas-D Amelia Roring (Sulut) kalahkan Nina Kurniasih (Sumsel) 3-2


Related Tags :

 

Forum Sahabat Silat