Sejarah situs silatindonesia.com



Pencak silat adalah asset bangsa Indonesia, dinegeri inilah lahir ragam aliran pencak silat yang mendominasi perkembangan pencak silat dunia, tidak kurang 820 aliran silat berasal dari negeri kita.

Melihat fenomena inilah hadir sebuah media informasi yang dikembangkan melalui website, situs inilah yang kita kenal dengan nama www.silatindonesia.com. Niat yang melatarbelekangi kelahirannya, menjadi misi dan visi situs ini sebagai media yang berupaya menjadi jembatan silaturahmi dan informasi sekaligus menggali potensi dari pencak silat Indonesia secara terbuka dan berwawasan. Semangat inilah yang menjadi daya juang pengelola untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat pencak silat dan pesilat pada umumnya.

Situs yang mulai dibangun pada akhir tahun 2004 baru bisa direalisasikan pada tahun 2005 dengan dukungan / support dari kawan-kawan di komunitas yang terkait, tidak hanya masyarakat silat tapi juga masyarakat yang peduli akan pencak silat.

Seperti Milis Silatbogor yang lahir tahun 2002 yang memiliki semangat yang sama akhirnya mendukung pengembangan situs ini menjadi situs komunitas pencak silat Indonesia, dukungan support berupa perlengkapan system di tanggani oleh Kioss.com dan servermerdeka.com yang notabene adalah komunitas IT terbesar saat ini.

Secara administrasi dan pengelolaan awalnya dibantu oleh temen-teman administrator dari gappala network yang berpusat di Purwakarta Jawa-Barat dan memasuki tahun 2006 situs ini dikelola secara mandiri oleh anggota milis silatbogor dan forum pecinta dan pelestari silat tradisional Indonesia (Fp2TS).

Kendala memang selalu ada dalam mengumpulkan berbagai informasi dari seluruh penjuru Nusantara hingga dunia, oleh sebab itu silatindonesia.com membuka seluas-luasnya masukan dan kritikan dalam membangun situs ini, selain itu silatindonesia.com membuka pula kerjasama dengan pesilat, organisasi silat hingga perguruan-perguruan yang memang telah membuka diri kepada dunia luar. Tanpa adanya kerjasama ini maka sulit rasanya memperkenalkan silat kepada masyarakat Indonesia sendiri maupun dunia.

Kerjasama lain yang saat ini dilakukan adalah kerjasama dengan situs-situs silat dari Indonesia maupun dari mancanagera. Tidak hanya itu, kerjasama juga dilakukan terhadap individu yang memiliki weblog khususnya mengenai pencak silat,sehingga akan terjalin Link yang kuat dan saling menguntungkan satu sama lain.

Kendala lain yang agaknya belum terpecahkan adalah kerjasama dengan lembaga terbesar yaitu IPSI, dimana IPSI memiliki berbagai informasi yang tersimpan dan rasanya sayang bila informasi berupa pengetahuan ini tidak dimanfaatkan secara baik, dan selain itu yang menjadi catatan penting adalah situs ini bersifat Nirlaba atau dengan kata lain situs ini murni untuk mengembangan silat tanpa ada embel-embel %@!#$& dibalik pengembangannya. Wajar bila pengelola maupun administratornya tidak akan menerima imbalan apapun kecuali amal soleh (Insya Allah).

Memang secara resmi belum ada dukungan dari organisasi seperti IPSI maupun perusahaan swasta nasional yang membantu untuk pendanaan dan pengelolaan situs ini, namun kami tetap berupaya professional dalam menyajikan informasi, walupun keakuratan data tetap menjadi perhatian kami yang utama, karena sifat situs ini yang terbuka dari ragam gologan / perguruan dan hingga masyarakat lain sesuai dengan semangat dari dunia maya.

Rating atau kunjungan situs silatindonesia.com memang cukup tinggi menurut data yang kami simpan, sepanjang tahun 2005-2006 rata-rata kunjungan berkisar 400-500 pengunjung setiap hari, rata-rata berasal dari IP Indonesia. setidak-tidaknya situs ini sudah mampu menjadi acuan informasi mengenai pencak silat dunia khususnya di Indonesia, sesuai dengan misi situs ini untuk menggali pencak silat di Tanah Air.

Media website berupa Forum juga benyak ditemui, seperti halnya situs-stus milik perguruan maupun organisasi pencak silat seperti (persilat dan KPSNusantara.com) yang sdh tidak asing bagi pengguna jaringan Internet di dunia. tidak sebatas itu ragam diskusi tentang beladiri silatpun dapat ditemui di komunitas lain seperti kaskus.us maupun dimilis silatbogor yang memang mengkhusus-kan diri untuk bahasa Indonesia.

Pengelola menyadari masih banyak kekurangan disana sini namun, kekurangan ini akan disempurnakan seiring jalannya waktu, dan harapannya situs ini bisa bertahan dan tetap dalam niat mengembangkan silat di Indonesia, dan tidak lupa bahwa situs ini siap bekerjasama dengan siapa saja, dengan syarat topik utamanya adalah Pencak Silat.(yk)

Salam kami
3 Desember 2006

Pengelola
Silatindonesia.com

www.silatindonesia.com


Related Tags :

 

Forum Sahabat Silat