FAQ Silat Workshop





FAQ
RULES & REGULATION
SILAT WORKSHOP


Apa itu Sahabat Silat dan untuk apa membuat acara seperti Silat Workshop?




Sahabat Silat adalah komunitas pecinta silat yang bertujuan untuk melestarikan dan mempromosikan Pencak Silat. Silat Workshop adalah salah satu kegiatan komunitas Sahabat Silat (selain forum diskusi internet, diskusi bulanan, dokumentasi & publikasi, dan wisata silat) yang bertujuan untuk secara singkat memperkenalkan berbagai kekayaan seni pencak silat di nusantara ini.


Saya bukan pesilat, bolehkah saya ikut kegiatan ini?




Ada alasannya mengapa komunitas ini dinamakan “Sahabat Silat”. Siapapun yang di dalam hatinya ada rasa cinta kepada pencak silat, dari aliran beladiri apapun, maka ia diharapkan dengan sangat untuk bergabung menjadi anggota komunitas Sahabat Silat dan berkontribusi terhadap promosi dan pelestarian pencak silat.


Saya sama sekali tidak punya pengalaman belajar ilmu beladiri, bolehkah saya ikut?





Boleh


Saya memiliki kondisi fisik khusus, bolehkah saya ikut kegiatan ini?




Boleh. Mohon terlebih dahulu menginformasikan kondisi fisik khusus tersebut kepada pengajar dan panitia.


Sebagai komunitas non-profit, mengapa Sahabat Silat menarik uang biaya workshop?




Semua uang yang diterima akan digunakan sepenuhnya untuk operasional pelaksanaan kegiatan. Anggota komunitas Sahabat Silat bekerja atas dasar keikhlasan dan tidak akan mengambil keuntungan finansial apapun dari kegiatan ini.


Saya tidak punya cukup uang dan benar-benar tidak mampu membayar biaya Silat Workshop ini, tapi saya serius dan bersemangat untuk mengikuti kegiatan ini. Bolehkah saya meminta keringanan biaya untuk ikut kegiatan ini?





Boleh. Silahkan hubungi panitia


Apakah setelah ikut workshop ini, saya boleh mengajar teknik-teknik aliran tsb?




Silat Workshop hanyalah memuat materi yang bersifat perkenalan. Tidak ada sertifikasi atau bentuk ijin pengajaran apapun yang akan diberikan dari kegiatan ini.


Saya tidak ingin ikut berlatih, bolehkah saya hanya menonton saja?




Tidak boleh. Peserta diharapkan untuk mengapresiasi aliran ybs dengan ikut serta aktif dalam kegiatan latihan. Terlebih lagi, banyak aliran silat tradisional yang jika hanya dilihat dari gerakannya, tanpa merasakan langsung, dapat menimbulkan kesan pemahaman yang salah.


Bolehkah saya merekam kegiatan workshop (foto/video dll)?




Tidak boleh. Segala bentuk dokumentasi akan dilaksanakan oleh panitia. Panitia akan memberitahukan lebih lanjut, bagian mana peserta boleh melakukan dokumentasi (foto bersama pengajar dll).


Kalau saya tertarik dengan aliran tsb, bolehkah saya secara serius belajar dan bergabung untuk berlatih?




Sangat boleh. Hal itu merupakan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini, agar lahir banyak penerus praktisi pencak silat. Silahkan hubungi pengajar aliran ybs.


Saya punya ketertarikan terhadap satu topik tertentu, bolehkah saya meminta materi kebutuhan saya itu diajarkan dalam tema workshop?




Tidak boleh. Materi workshop ditentukan oleh panitia. Hal ini penting untuk menjaga agar kegiatan tetap terarah dan untuk menghindari terlalu beragamnya kebutuhan peserta sehingga akan ada peserta yang lebih diuntungkan/dirugikan antara satu dengan lainnya.


Saya memiliki keahlian yang cukup dalam seni beladiri. Untuk juga mempromosikan aliran saya, bolehkah saya menunjukannya dalam acara Silat Workshop ini?




Tidak boleh. Setiap peserta harus hadir dengan pikiran terbuka dan semangat tulus untuk belajar. Sangat disarankan untuk menyimpan sejenak keahlian yang dimiliki untuk menghindari kesan membanding-bandingkan antar aliran. Untuk melakukan promosi, silahkan hubungi panitia untuk dirumuskan bersama dalam kegiatan lain.


Bolehkah saya mencoba, menjajal, ataupun menguji keahlian pengajar Silat Workshop ini?




Tidak boleh. Setiap peserta harus memahami nilai-nilai sahabat silat (lihat http://sahabatsilat.com/forum/index.php?topic=540.0 )



Segenap jajaran komunitas Sahabat Silat akan berusaha memastikan hal ini tidak terjadi dalam kegiatan komunitas Sahabat Silat. Harap segala niatan menjajal diurungkan, atau kalaupun tetap bersikeras silahkan melakukannya diluar kegiatan komunitas Sahabat Silat. Perlu diingat bahwa semua guru yang bergabung dengan komunitas Sahabat Silat adalah guru-guru yang sangat kompeteni dan berpengalaman dalam alirannya masing-masing. Ada alasan mengapa pertanyaan ini diletakkan di nomor. 13 J
















 

Forum Sahabat Silat