Values of Sahabat Silat


Values of Sahabat Silat



Silaturahmi. Tujuan utama seorang Sahabat Silat adalah untuk menjalin tali silaturahmi seerat dan seluas mungkin di dunia persilatan untuk melestarikan pencak silat tradisional. Komunitas ini didirikan tidak untuk mencari ataupun menguji seni beladiri yang terhebat. Seorang Sahabat Silat hadir dengan mengulurkan tangan persahabatan yang penuh dengan ketulusan.


Ikhlas. Komunitas Sahabat Silat didirikan dengan semangat keikhlasan yang tinggi. Seorang Sahabat Silat harus yakin bahwa keikhlasan akan membuka jalan, menumbuhkan peluang, dan melancarkan berbagai perjuangan. Seorang Sahabat Silat akan mengutamakan manfaat bersama dan tidak akan menggunakan komunitas ini untuk semata mencari keuntungan pribadi, kelompok, ataupun perguruan.

Luas wawasan. Salah satu kekuatan seorang Sahabat Silat adalah keluasan ilmu dan wawasan. Seorang Sahabat Silat akan mendorong dirinya untuk menguasai berbagai bidang ilmu mulai dari ilmu agama sampai dengan ilmu-ilmu praktek kedokteran, ekonomi, hukum, politik, arkeologi, sosiologi, teknologi, komputer, fisika, kimia, biologi dan berbagai ilmu lain yang akan mendukung kegiatan-kegiatan komunitas Sahabat Silat.

Adab & Adat. Seorang Sahabat Silat akan terus menerus berjuang untuk memiliki akhlak yang baik. Seorang Sahabat Silat harus mampu menghargai semua budaya dengan sama tinggi karena budaya merupakan wujud pola kehidupan suatu kelompok manusia, dan manusia adalah sama dan sederajat. Seorang Sahabat Silat akan selalu menghormati dan menghargai adat istiadat dan tradisi di manapun dirinya berada.

Teliti. Seorang Sahabat Silat harus mempersiapkan dirinya untuk menjadi rujukan tingkat nasional ataupun internasional. Untuk itu seorang Sahabat Silat harus memiliki integritas keilmiahan. Seorang Sahabat Silat akan selalu memeriksa dan melakukan konfirmasi ulang dalam mengemukakan suatu data atau informasi. Seorang Sahabat Silat tidak akan menyebarkan informasi yang menyesatkan ataupun informasi palsu.

semoga bermanfaat