Pencak Silat Keris Indonesia



"Rekor dunia adalah penampilan global terbaik yang pernah dicatat dan secara resmi diverifikasi dalam olahraga atau keterampilan spesifik. Buku Guinness World Records mengumpulkan dan menerbitkan rekor-rekor terkenal dari seluruh jenis, dari prestasi manusia pertama dan terbaik, terbanyak sampai terekstrim di dunia"

Pencak Silat keris adalah sebuah peragaan jurus-jurus pencak silat dengan mengunakan keris sebagai senjata peraganya.

Sejarah singkat keris adalah belati tikam yang dikembangkan menjadi prototipe keris di pulau Jawa (zaman transisi awal Mataram Hindu-Buddha), yang mengalami perumitan pada dinasti-dinasti berikutnya, lalu disebarluaskan oleh Majapahit dengan politik Nusantara-nya ke hampir seluruh wilayah archipelago Asia Tenggara. Kemudian, keris mengalami stilasi (penggayaan) lokal pada tiap daerah, sehingga menampilkan gaya zaman pembuatan yang berbeda-beda.
Melewati beberapa peradaban hingga saat ditetapkannya keris Indonesia sebagai Karya Agung Dunia Warisan Kemanusiaan oleh UNESCO pada tanggal 25 November 2005 memiliki dampak yang luas terhadap budaya perkerisan di Indonesia. Sampai saat ini keris masih tetap dijadikan sebagai salah satu akar budaya bangsa Indonesia, hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya logo-logo sebuah Instansi Pemerintah Daerah serta logo-logo berberapa Organisai yang masih mengunakan gambar keris sebagai salah satu bagian pembuatan logo tersebut.

Ada dua aspek yang melingkupi aspek keris yaitu aspek bendawi dan aspek non bendawi. Dari aspek bendawinya (tangible) keris tersebut dibuat dari racikan bahan-bahan terpilih, di tempa dengan cara yang rumit, dan di bentuk serta di pahat ukir dengan tingkat keahlian yang tinggi. Selain itu keris juga memiliki Nilai aspek non bendawi (intangible). Nilai aspek non bendawi inilah yang perlu terus untuk dikaji dikembangkan sebagai pewarisan budaya bagi aspek seni, falsafah, simbolisme.

Hal tersebut di atas tentu saja harus didukung dengan terus menggiatkan mengenai pelestarian keris Indonesia. Dalam hal ini Forum Pelestari Pencak Silat Keris Indonesia (FPPSKI) beserta tim Indonesia Keris Style akan menyelengarakan sebuah Kegiatan Pemecahan Rekor Dunia Pencak silat keris "Peragaan Pencak Silat Keris Indonesia Dengan Peserta Terbanyak Pertama Kali Di Dunia" dengan tema "Bangkitnya Kejayaan Pencak Silat Keris Indonesia Di Mata Dunia" (The Rise Of The Glory Of Indonesian Pencak Silat Keris In The Eyes Of The World), hal tersebut diadakan guna untuk mendapatkan pengakuan dunia dari karya budaya Indonesia dengan target Pemecahan Rekor Dunia Peragaan Pencak Silat Keris Indonesia Dengan Peserta Terbanyak Pertama Kali Di Dunia. Dengan harapan setelah adanya keberhasilan dari pelaksanaan event tersebut kedepannya dapat lebih mendorong pelestarian Keris dan Pencak Silat Keris Indonesia.

Sumber: Facebook Cap Cay

[singlepic id=344 w= h= float=center]



 

Forum Sahabat Silat