Silat Bandrong Purwakarta adakan Festival Silat dan Seni Budaya



Minggu 16 September 2018 tepatnya pukul 13.00 bertempat di krakatau junction komunitas pendekar se kecamatan Purwakarta menggelar acara Festival Silat dan Seni Budaya yaitu semua peguron yang beraliran Silat Bandrong.

Pada saat membuka acara tersebut zaenal abidin memaparkan secara singkat tentang perlunya persatuan pendekar Bandrong agar tidak tercerai berai karena dipolitisasi. beliau berujar bahwa seni budaya adalah segalanya di kota cilegon terutama seni budaya silat bandrong yang selama ini berkembang di kota Cilegon diharapkan tetap ada hingga 30 tahun ke depan. kegiatan ini dikemas dalam sebuah event festival silat tradisional terutama aliran silat bandrong.



Yang di nilai dalam event ini adalah kategori bedug/kendang, terompet dan pencak silat,  tujuan utama festival ini adalah agar generasi muda dapat melestarikan budaya silat yang ada agar tidak punah ujar zainal abidin selaku ketua panitia.

Selain itu pengurus Bandrong Purwakarta sudah menyiapkan kurikulum mulok untuk jenjang SD, SMP dan SMA/ SMK . Seraya diucapkan pada kata sambutan tersebut zainal mengharapkan pendekar tetep bersatu dan tidak mudah dipecah belah oleh politik praktis.

H. Nawawi Sahim budayawan kota Cilegon juga mendukung acara festival ini serta menjelaskan sejarah singkat Cilegon dan asal usul silat Bandrong.

Tokoh Pemuda Banten H.Husen saidan juga turut memberikan dukungan agar para pendekar bandrong tidak terlibat politik praktis dan dalam berorganisasi harus sesuai dengan anggaran dasar organisasi tersebut. dalam prakatanya beliau juga menyiapkan uang pembinaan setiap juara pertama mendapatkan 1 juta rupiah tiap kategori.

Acara tersebut dihadiri oleh 19 perguruan dari Purwakarta, Jombang dan pulomerak serta DPD Silat Bandrong Cilegon. Festival silat dan seni budaya yang digelar di krakatau junction pada hari minggu, 16 september 2018 tersebut di daulat sebagai juri abah hayumi dari DPP Silat Bandrong sebagai juri terompet dan abah minggu dari DPP Silat terumbu sebagai juri Bedug/kendang serta dari pengurus IPSI Ancab purwakarta sebagai juri pencak silat. Saat akan dimulai juri menjelaskan untuk ketiga kategori tersebut di tampilkan dengan durasi waktu 3 menit dan pesilat memperagakan silat ciri khas peguronnya.

Festival silat dan seni budaya silat bandrong pun dimulai dari jam 13.00 sampai dengan 18.30 dengan perolehan juara antara lain:

Lomba Silat
Juara 1. Peguron Elang Mas
Juara 2. Peguron Bandrong Jaya
Juara 3. Peguron Manggala

Lomba Terempet
Juara 1. Peguron Buyut Banten
Juara 2. Peguron Manggala
Juara 3. Peguron Banteng Hitam

Lomba Beduk
Juara 1. Peguron Bandrong Jaya
Juara 2. Peguron Jurus Sakti Muda
Juara 3. Peguron Manggala

[singlepic id=324 w= h= float=center]