Golok Day Cilegon Pecahkan Rekor MURI Sewu Golok



Event golok day yang di gagas oleh DISBUDPAR Kota Cilegon dan IPSI Kota Cilegon serta Himpunan Pendekar Persilatan Banten berhasil memecahkan rekor muri yang tadinya target 1000 pendekar dengan 1000 golok terlampaui menjadi 1100 pendekar dan goloknya, hasil tersebut di catat oleh tim rekor MURI yang tersebar di beberapa titik dilapangan 1 jam sebelum penyerahan rekor MURI, tepatnya jam 10.00 yang di iringi gerimis rintik-rintik yang dihadiri oleh kurang lebih 140 peguron di Kota Cilegon dan Banten.

Dalam acara tersebut Walikota Cilegon Dr. Tb.Iman Ariadi, S.Ag.M.Si mengapresiasi acara tersebut dijadikan event tahunan sebagai budaya cilegon, juga turut di hadiri oleh Bupati serang Tatu chasanah serta sesepuh pendekar sepropinsi Banten, PB IPSI, dan pembina HPPB Tb.Aat Syafaat, S.Sos. M.Si, selain penyerahan rekor MURI IPSI Kota Cilegon juga memberikan pendekar award kepada Alm. Tb. Hasan Shohib yang sepanjang hayatny mengangkat budaya banten melalui organisasi pendekar banten, Tb. Aat syafaat sebagai tokoh masyarakat yang peduli dan membina pendekar di Kota Cilegon dan Walikota Cilegon Dr. Tb. Iman Ariyadi, S.Ag, M.Si sebagai pemimpin daerah yang mendukung kegiatan kependekaran dan pencak silat terutama event "Golok Day" menjadi event tahunan dalam program kerjanya melalui DISBUDBAR.

Saat itu pula Jamhari Sakti ketua Himpunan Pendekar Persilatan Banten mengenalkan golok khas cilegon yang berasal dari temu giring cilegon dengan filosofi melengkung mirip hurup C diambil dari awal kata hurup Cilegon yang mengkiaskan falsafah pendekar semakin tua semakin merunduk begitu pula dengan keilmuannya mirip dengan padi semakin berilmu semakin bersahaja dan tidak sombong dengan keilmuannya dan gagangnya kepala macan.

nasrudin.

Golok Day Cilegon