Atlet Pencak Silat Gondol Enam Medali Emas



Sepertinya prestasi para atlit di cabang olahraga (cabor) Pencak Silat pada ajang Asean University Games (AUG) 2014 terus melejit dan bakal menjadi Juara Umum Pencak Silat. Pasalnya, hingga hari ketiga digelar pertandingan Pencak Silat, para atlit Indonesia sudah mampu mengantongi 6 medali emas, 4 medali perak dan 2 medali perunggu dari 12 nomor yang sudah diikuti.

Dari perolehan ini, Indonesia berada di urutan pertama sebagai negara peraih emas terbanyak. Di urutan kedua diduduki oleh Vietnam dengan perolehan 5 medali emas, 3 medali perak dan 2 medali perunggu. Sedangkan di urutan terakhir ditempati oleh Thailand dengan meraih 1 medali emas dan 1 medali perunggu.

Tiga emas dari total medali emas yang diperoleh Indonesia disumbangkan dari nomor Tanding A Putera, Tanding A Puteri dan Tanding C Puteri. Ketiga medali emas tersebut diraih dari pertandingan yang digelar pada hari ini, Jumat (19/12/2014).

Pada nomor Tanding A Putera, Firman, atlit Indonesia mampu menundukkan atlit Vietman, Bui Ba Duc, dengan skor 5 : 1. Di nomor Tanding A Puteri, Nguyen Thi Kim asal Vietnam harus merelakan medali emas ke Sri Rahayu, atlit Indonesia dengan skor 1:4.

Di nomor pertandingan terakhir untuk hari ini yaitu nomor Tanding C Puteri, Sarah Tri Monita unggul melawan, Hoang Thiloan, atlit asal Vietnam. Saat juri memberikan tambahan waktu 15 detik, Hoang Thiloan malah memilih keluar dari pertandingan dan mengundurkan diri. Juri pun langsung mengumumkan Indonesia sebagai juara I.

Besok, Sabtu (20/12/2014) menjadi laga terakhir dengan tujuh nomor pertandingan yang akan digelar.

Menurut Pelatih Tim Pencak Silat Indonesia, Abas Akbar, kemenangan ini merupakan bentuk permainan terbaik yang diberikan para atlit Indonesia di even internasional ini.

Mereka bermain sangat baik dan semoga besok di tujuh nomor pertandingan bisa tampil terbaik juga. Kita tidak menargetkan apa-apa, tapi kalau bisa Indonesia menjadi Juara Umum, katanya kepada Liputan6.com, di venue Pencak Silat Jakabaring Sport Centre (JSC) Palembang.

 

sumber: liputan6