Perguruan Pencak Silat Deklarasi Damai



Ribuan anggota perguruan pencak silat dan bela diri dari belasan perguruan bela diri yang ada di Kabupaten Ponorogo menandatangani ikrar damai di Stadion Batoro Katong, Kabupaten Ponorogo, Sabtu (28/9/2013).

Hal ini untuk mengurangi aksi tawuran dan penyerangan brutal yang selama ini dipicu persoalan kesalahpahaman antar anggota perguruan pencak silat yang ada di wilayah Kabupaten Ponorogo.

"Kami pun mengerahkan sekitar 1.000 pasukan dalam pengamanan acara ini," terang Waka Polres Ponorogo, Kompol Tri Saksono Puspoaji kepada Surya, Sabtu (28/9/2013).

Sementara, Kapolres Ponorogo, AKBP Iwan Kurniawan menegaskan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meminimalisir konflik yang dipicu persoalan salah paham antar anggota perguruan pencak silat di Ponorogo.

Kapolres berharap dengan adanya pertemuan dan deklarasi damai ini, tidak ada lagi gesekan dan konflik antar anggota perguruan pencak silat di Ponorogo.

"Ini merupakan forum untuk mempererat komunikasi agar terjalin koordinasi mengatasi permasalahan yang timbulkan di lapangan yang kerap mengatasnamakan perguruan pencak silat atau perguruan bela diri, " pungkasnya.

Dalam tanda tangan deklarasi damai itu, tidak hanya sesepuh dan pengasuh perguruan pencak silat dan bela diri yang membubuhkan tanda tangan, akan tetapi Kapolres dan Komandan Kodim Ponorogo juga membubuhkan tanda tangan di kertas perdamaian.

 

sumber: tribunnews