Pendekar 25 Negara Akan Beraksi di Jambore Silat Minang Internasional



Para pendekar silat dari 25 negara akan unjuk kebolehan dalam acara Jambore Silat Minang Internasional di Nagari Talang Babungo, Kabupaten Solok, 20-26 Agustus mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok Jasman kepada ranahberita.com, Selasa (14/05/2013), mengatakan, acara tersebut diselenggarakan oleh masyarakat pemerhati dan pelaku Silat Minang Talang Babungo. Sementara pemerintah mendukung penuh acara itu.

20130514-jambore-minang
Dia menjelaskan, semua peserta akan camping di alam terbuka. "Sudah ada 25 negara yang konfirmasi. Mereka yang dari luar negeri lebih suka camping dari pada menginap di hotel," ujar Jasman.

Menurut Jasman, sebenarnya pemerintah ingin tanggal 16 Agustus sudah dimulai. Tapi peserta dari luar negeri harus menyesuaikan dengan musim kerja mereka.

Acara ini, sambungnya, bertujuan untuk mengembalikan keaslian Silat Minang. "Mengingat banyaknya Silat Minang yang beredar di luar negeri, mulai dari Inggris, Jerman, Panama dan lainnya, Perlu untuk dikenalkan, seperti apa sebenarnya yang Silat Minang itu," tegas Jasman.

Jasman menjelaskan, banyak Silat Minang didirikan di luar negeri. Kadang, guru-guru di luar negeri itu baru belajar sebentar. "Mereka baru belajar satu tahun atau dua tahun di sini, habis itu sudah menjadi pelatih silat pula. Padahal, Silat Minang itu khas, seperti berkorelasi dengan Islam," bilangnya.

Selain pesilat luar negeri, jambore tersebut juga akan dimeriahkan oleh pesilat minang dari Sumbar sendiri. Kata Jasman, ada sekitar 500 aliran silat di Sumbar. Panitia akan mengundang semua aliran yang ada.

Untuk kelancaran acara ini, pemerintah Kabupaten Solok sudah menemui beberapa kementerian terkait. "Kita sudah mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," tutur Jasman.

"Kita dari pemerintahan, siap membantu secara total, seperti meminta dukungan dari pusat dan mencari sponsor," tukas Jasman.

sumber:
ranahberita