Nusantara Cup Open VI, GOR Polonia Jaktim 22 - 26 September 2011



Even Pertandingan Pencak Silat yang terdiri dari katagori tanding dan seni Ganda yang terdiri dari tingkat Pelajar SMP - Sederajat, SMA - Sederajat dan Tingkat Dewasa dengan batas umur 17 - 24 tahun.

KPS Nusantara memiliki even rutin Kejuaraan Pencak Silat terbuka yang dikuti oleh seluruh perguruan pencak silat yang ada. Even ini rutin dilaksanakan 2 tahun sekali, terakhir dilaksanakan tahun 2009 yang lalu, alhamdulillah telah sukses terselenggara yang di ikuti oleh 3 Provinsi yaitu : Jawa barat, DKI Jakarta, dan Banten

Untuk tahun 2011 ini InsyaAlloh akan dilaksanakan even itu kembali dengan nama Nusantara Cup Open VI Java Island, yang lingkupnya lebih luas se-pulau Jawa.

Pencak silat adalah salah satu warisan dari kebudayaan Nasional dan merupakan pusaka leluhur Bangsa Indonesia. Oleh karena itu setiap warga negara Indonesia berkewajiban untuk mempertahankan, melestarikan, menggali serta diusahakan dengan sekuat tenaga agar pencak silat dapat berkembang dan terus berkembang.
Demikian halnya dengan tujuan Turnamen ini yaitu untuk merangsang terhadap pembinaan usia muda dan mengukur seberapa jauh pembinaan olahraga khususnya pencak silat di masing-masing sekolah dan dimasyarakat untuk memperoleh cikal bakal pembibitan, pemanduan bakat dan sekaligus untuk meneropong kemampuan pesilat yang kelak akan membela Tanah Air menuju prestasi pencak silat Internasional.
Keluarga Pencak Silat (KPS) Nusantara adalah salah satu dari 10 Perguruan Pencak Silat yang ikut mendirikan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Perguruan silat itu sekarang disebut Perguruan Historis. Ke 10 perguruan silat itu adalah : KPS Nusantara, Putra Betawi, Tapak Suci, Perisai Diri, Setia Hati, Pasadja Mataram, Perisai Putih, Persaudaraan Setia Hati, Perguruan Pencak Indonesia Harimurti dan Persatuan Pencak Seluruh Indonesia (PPSI). Saat ini IPSI mempunyai anggota ratusan bahkan sudah ribuan perguruan silat di Indonesia. Saat ini KPS Nusantara Sudah ada dibeberapa negara seluruh Dunia.

Waktu dan Tempat

Waktu : 22 s/d 26 September 2011
Tempat : Gelanggang Remaja Jakarta Timur ( GRJT )
Jl. Otto Iskandardinata No. 121 Jakarta

sumber: kps nusantara