Liputan Pelatihan Silat untuk BMI/TKI di Hongkong



Senin, 18 Juli 2011 malam
Tim FP2STI yang bertugas ke Hongkong untuk memberikan Pelatihan Pencak Silat untuk pekerja Indonesia di sana telah tiba kembali di tanah air.

Banyak sekali kesan yang didapat, pengalaman dan perkenalan yang sangat berarti untuk menjalin silaturahim.

Kegiatan FP2STI dan Dompet Dhuafa di Hongkong menjadi sesuatu yang menarik, karena baru pertama kali dilakukan. Biasanya yang dikirim Ustadz atau Trainer/motivator Pengembangan diri dan Kewirausahaan.

Dan memang, amat diperlukan pengkajian silat dalam penyampaiannya pada masyarakat untuk kehidupan keseharian.

Sebagai contoh dari pengalaman ringan di Hongkong, begitu kata "silat" mereka dengar, persepsi berlatih tarung / bela diri adalah untuk bela diri yg diharapkan dapat membalas hingga hati terpuaskan (malah "harus" sampai lawan yg berniat jelek di matikan), namun mereka kaget ternyata saat kita menyampaikan materi silat dengan dialog, bertutur santai dan bercanda.

Dan mungkin menimbulkan keheranan rekan-rekan disana, tim menyampaikan materi bukan dengan gedebak-gedebukan, tetapi justru menggunakan interaksi dengan berdialog, bercanda dan bertutur santai. Dan luarbiasanya ternyata mereka dapat menyerap materi dengan sangat baik.

Dan saat materi tausiyah yg kita selingi canda dan tawa, mengertilah para peserta didik bagaimana sebenarnya "tempat" silat itu sendiri.
Sehingga penerimaannya ya sangat manusiawi.

Senang bisa melihat senyum dan semangat belajar yang tinggi dari para BMI/TKI disana.

Terima kasih untuk Dompet Dhuafa, para donatur serta BMI/TKI disana
oh iyaa... terima kasih juga buat bangAjad/kangIwan yang telah menyempatkan waktunya untuk berbagi disana.

 



 



 

Forum Sahabat Silat