Pencak Silat Incar 10 Emas di SEA Games



20110513-sea-games2Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) mengincar sebanyak 10 medali emas dari 18 nomor yang dipertandingkan pada SEA Games 2011. Ketua Harian PB IPSI Muchdi PR mengatakan, target itu tidak terlalu berlebihan, karena Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah multieven negara-negara Asia Tenggara tersebut.

"Sebagai tuan rumah, target kami jelas ingin juara umum di cabang pencak silat. Untuk itu, PB IPSI akan menyiapkan atlet-atlet terbaik untuk menghadapi SEA Games," katanya usai menghadiri pembukaan Musyawarah Provinsi IPSI Jatim, Selasa (18/1/11).

Muchdi mengatakan, PB IPSI telah memanggil sebanyak 36 pesilat terbaik hasil kejuaraan dunia pada Desember 2010 untuk mengikuti program pemusatan latihan nasional (pelatnas).

"Dari jumlah itu, nantinya akan dilakukan evaluasi dan sekitar April 2011 mengerucut menjadi 24 pesilat inti yang menjadi tim SEA Games," tambahnya.

Sebanyak 24 pesilat tersebut, selanjutnya akan menjalani program latihan intensif di Padepokan Pencak Silat TMII Jakarta, termasuk menjalani agenda uji coba ke luar negeri. Salah satu tempat tujuan uji coba adalah China.

"Olahraga beladiri apapun, salah satu faktor penentu untuk menjadi juara terdapat pada kecepatan atlet. Try out ke China tujuan untuk itu, mengasah kualitas atlet dalam hal kecepatan dan fisik," tambahnya.

Menurut Muchdi, keberhasilan Indonesia menjadi juara umum Kejuaraan Dunia Pencak Silat di Jakarta pada Desember 2010, merupakan modal berharga untuk menghadapi SEA Games.

Pada kejuaraan dunia yang diikuti sebanyak 40 negara itu, tuan rumah Indonesia berhasil meraih 10 medali emas, lima perak dan enam perunggu. Indonesia mengungguli pesaing kuatnya Vietnam yang merebut delapan emas, delapan perak dan tiga perunggu.

"Vietnam masih akan menjadi pesaing utama Indonesia dalam perebutan emas SEA Games mendatang," ujarnya.

Ketua Umum Pengprov IPSI Jatim Soekarwo menyatakan optimistis pesilat Indonesia bisa kembali berjaya dan merebut juara umum pada SEA Games mendatang.

"Kami berharap pesilat Jatim yang dipanggil pelatnas, mampu memberikan prestasi terbaik bagi Indonesia dengan menyumbangkan medali emas," katanya.

Dari 36 pesilat yang dipanggil ikut pelatnas, Jatim menyumbangkan sebanyak delapan pesilat dan beberapa di antaranya merupakan peraih medali emas pada Kejuaraan Dunia 2010.

sumber: tribunnews