Kejurnas Silat Piala Presiden UPN "V" Yogyakarta



ipsilogoPencak silat adalah beladiri tradisional warisan bangsa yang didalamnya terdapat jiwa patriotisme, nasionalisme, religius - kultural serta humanistik yang sangat kental sebagai budaya bangsa Indonesia. Meskipun demikian, pencak silat mampu berkembang mengikuti era globalisasi tanpa kehilangan jati dirinya. Perkembangan pencak silat yang sudah mendunia tentunya merupakan tantangan bagi kita untuk melestarikan warisan leluhur bangsa. Untuk mewujudkan harapan tersebut diperlukan suatu wahana yaitu Kejuaraan Nasional Pencak Silat antar Mahasiswa.


Untuk itu dengan ini kami mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta yang tergabung dalam UKM Pencak Silat telah sepakat untuk menyelenggarakan Kejuaraan Pencak Silat antar Perguruan Tinggi memperebutkan Piala Presiden RI.
Seperti telah diketahui, bahwa pada April 2002, Desember 2004 dan Desember 2008 telah dilaksanakan Kejuaraan Nasional Pencak Silat antar Perguruan Tinggi yang diselenggarakan di UPN “Veteran” Yogyakarta. Sebagai kelanjutan program tetap UKM Pencak Silat UPN “Veteran” Yogyakarta bermaksud menyelenggarakan kembali Kejurnas Pencak Silat tahun 2010. Diharapkan dalam kejuaraan tahun ini, dapat memberikan kontribusi dimana wahana olahraga Pencak Silat betul – betul dapat membangkitkan kembali jiwa patriotisme, nasionalisme, religius – kultural dan humanistik yang melandasi profesionalisme dalam intelektual dan moralitas mahasiswa guna menghadapi tantangan globalisasi.
Melalui kagiatan ini segala bantuan dan dukungan dari berbagai pihak kami harapkan demi suksesnya penyelenggaraan Kejuaraan Nasional pencak Silat antar Perguruan Tinggi memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI tahun 2010 dengan tema “ Dicari Jago Sejati”.

sumber: kejurnasmas-silat.com