Diskusi Bulanan, Management Perguruan Silat



sahabat silat, manajemen perguruan silatDi awal tahun 2011 ini Forum Pecinta dan Pelestari Silat Tradisional Indonesia (FP2STI) mulai melakukan start, kembali berkiprah dalam memajukan dan mengembangkan pencak silat tradisional.

Setelah sempat “tertidur” selama setahun, pada hari Sabtu, 22 Januari 2011, bertempat di ruangan PERSILAT, Padepokan Pencak Silat TMII, digelar acara DISKUSI BULANAN SAHABAT SILAT yang bertajuk MANAJEMEN PERGURUAN SILAT, dan PERESMIAN PENGURUS BARU FP2STI.



HADIRIN

Berdasarkan data yang ada pada buku tamu, acara ini tidak saja diikuti oleh +/- 50 sahabat silat, tetapi juga yang tak kalah menggembirakan dihadiri juga oleh sesepuh dan guru besar pencak silat yaitu :


  1. H. Ceng Suryana dari Maenpo Cikalong, Cianjur

  2. H. Azis Asy’ari dari Maenpo Cikalong, Cianjur

  3. H. Nunung dari Gerak Rasa Sanalika, Rawa Belong

  4. Mohamad Sani (Babe Nani) dari Gerak Saka

  5. Bang Marhali dari Cingkrig Goning Rawa Belong

  6. Bang Amri dari Cingkrig Gerak Cipta, rawa Belong

  7. Bpk Tb Bambang Sudrajad dari Cingkrig Goning

  8. Bpk Bambang sarkoro dari MLP

  9. Bang Husein Golok Seliwa

  10. Bang Nashri dari Troktok Ulu jami

  11. Perwakilan dari Gerak Gulung

  12. Perwakilan dari Si Bunder

  13. Perwakilan dari Beksi Tradisional H. Hasbulloh

  14. Dt Edwel dari Silek Harimau Minangkabau

  15. dan tentu saja Bpk Edy Nalapraya sebagai pembina FP2STI


DISKUSI MANAJEMEN PERGURUAN SILAT

Diskusi yang sangat menarik dan disambut dengan antusias oleh hadirin ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dibawakan oleh Mas Don Basuki dari Kelatnas Perisai Diri. Mas Don menguraikan panjang lebar tentang bagaimana membentuk dan mengorganisir perguruan silat.

Berdasarkan pengalamannya di Perisai Diri, Mas Don berbagi pengalaman dan pengetahuan yang tentu sangat bermanfaat untuk ditiru dan diterapakan. Tanya jawab dan diskusi menjadi semarak, karena memang salah satu “kelemahan” perguruan silat tradisional adalah dalam segi manajemen dan organisasi, kaderisasi dan pendanaan. Dibahas dalam diskusi ini bagaimana awal mula membentuk organisasi perguruan, tipe-tipe perguruan silat, legalitas, iuran dan pendanaan, promosi, dan kaderisasi. Diskusi berlangsung hangat, gayeng, interaktif, dan penuh canda dalam suasana penuh kekeluargaan.

Setelah ISHOMA, sesi kedua diskusi dilanjutkan, yang kali ini dibawakan oleh Bpk Sudirman Yan, sekretaris dewan pendekar Perisai Putih. Pak Yan membawakan materi antara lain : kurikulum perguruan, tata cara latihan, lambang perguruan, salam perguruan, dll.

Sesi kedua tidak kalah menarik karena peserta masih antusias dengan mengajukan pertanyaan, tanggapan, masukan serta permintaan dari para guru silat tradisional agar mendapatkan Pak Yan dan FP2STI membantu perguruan-perguruan silat tradisional dalam membentuk organisasi perguruan, manajemen perguruan dan sebagai nya.

PENGURUS BARU FP2STI

Setelah sambutan dariPak Edy, usai diskusi, dipimpin oleh Taufan Prasetya sebagai ketua FP2STI periode 2011, diperkenalkan jajaran pengurus baru dan program kerja yang akan dilakukan pada masa kepengurusan ini.

Acara selesai kurang lebih pukul 16.00.

Semoga ini merupakan awal yang baik.

sumber : waroeng silat
gallery foto ada di fb sahabat silat

sahabat silat, manajemen perguruan silat


.



 

Forum Sahabat Silat