Kejuaraan Dunia Silat 2010 Diikuti 40 Negara



Para anggota Persilat Dunia dari 40 negara diharapkan hadir pada Kejuaraan Dunia Pencak Silat di Jakarta, 12-18 Desember 2010.

"Kami harapkan minimal 50 persen saja dari 40 anggota Persilat Dunia bisa hadir dalam Kejuaraan Dunia ini," ujar Wakil Ketua Umum PB IPSI Bambang Rus Effendi di Jakarta, Selasa (24/8).



Bambang mengatakan, pada Kejuaraan Dunia yang terakhir kali digelar di Malaysia pada tahun 2007 lalu sebanyak 30 negara ikut serta dan Malaysia tampil sebagai juara umum.

Bambang mengharapkan jumlah peserta kali ini bisa jauh lebih banyak, namun karena bertepatan dengan menjelang libur akhir tahun maka PB IPSI mengantisipasi jumlah peserta sedini mungkin.

"Seharusnya kita menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia ini tahun 2008 yang lalu, tapi sempat tertunda-tunda sampai tiga kali, bahkan sempat direncanakan digelar di Bali pada Februari 2009," ujarnya.

Untuk penyelenggaraan tahun ini pun lanjutnya, sempat direncanakan di Samarinda. Namun sesuai hasil pertemuan dengan Presiden Persilat Edy M Nalapraya pada Senin lalu akhirnya diputuskan kejuaraan digelar di Jakarta dengan mengambil tempat di Padepokan TMII Jakarta Timur.

"Semula Wali Kota Samarinda menyatakan siap menggelar event tersebut, namun setelah kalah dalam pilkada, maka hal itu membuyarkan keinginannya untuk menjadi penyelenggara selain pada waktu yang bersamaan juga tengah digelar Porpov Kalimantan Timur," kata Bambang.

Untuk menghadapi Kejuaraan Dunia ini Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB IPSI Tafsil Rimzal mengatakan PT IPSI telah menyiapkan 27 pesilat. "Kami telah menyiapkan para pesilat terbaik yang kini ikut pelatnas Program Indonesia Emas Prima. Saya harap mereka bisa menjadikan kejuaraan dunia ini sebagai ajang uji coba sebelum tampil di SEA Games," kata Tafsil Rimzal. (Ant/OL-2)

sumber: mediaindonesia