Ground Fighting ala Silat Paseban



ground fighting ala pasebanAcara tayangan UFC (Ultimate Fighting Championship) tak pelak lagi mengangkat nama Brazilian Jujitsu, banyak orang di setiap belahan dunia sepertinya menjadi tergila-gila oleh aliran beladiri yang dikuasai oleh keluarga Gracie ini. Dunia terkagum-kagum oleh teknik grappling dan ground fighting yang di tawarkan beladiri tersebut.
Beberapa waktu belakangan di jejaring sosial Facebook sebagian orang terkejut dan terperangah saat muncul sebuah video ground fighting yang sangat fenomenal. Yang mengagetkan adalah video groundfighting tersebut bukan di peragakan oleh praktisi BJJ ataupun praktisi MMA seperti biasanya. Tetapi yang diperagakan oleh video tersebut adalah aplikasi pencak silat, dan yang lebih mengagetkan adalah Pencak Silat tersebut berasal dari Betawi.

Silat Paseban namanya setelah ditelusuri. Berbagai macam teknik grappling dan kuncian yang sangat efektif dan terlihat mematikan di tunjukkan oleh Pencak Silat Paseban dalam video tersebut. Video tersebut menunjukkan sebuah aplikasi groundfighting yang tidak kalah dari yang biasa diperagakan oleh BJJ maupun MMA lainnya..

Galih Iman, salah satu peraga berkata bahwa dia adalah salah satu dari sedikit pewaris Pencak Silat Paseban dari jalur Kong Moh Saleh bin Salman dan Babe Cacang.  Galih Iman berusaha mengembangkan silat paseban ini dan sudah membuktikannya bahwa silat paseban itu sangat efektif dalam berbagai pertarungannya.

Pencak Silat…? Ada pencak silat yang seperti ini…? Pencak silat bukannya hanya beladiri sport atau klenik…? Cobalah cari tahu lebih jauh bagaimanakah sebenarnya pencak silat itu, maka anda akan sangat terkejut dengan kekayaan warisan leluhur kita ini.(Arief Baskoro, Tangtungan Project)

video performance Silat Paseban bisa dilihat melalui situs Video Silat dot Com

sumber: kasakusuk.com