Forum Peduli Pencak Silat Mahasiswa FIK UNJ



Assalamualaikum Wr.Wb
Ditengah tengah keprihatinan terharhadap hasil yang diperoleh Pencak Silat Di SEA GAMES  2009 Laos yang baru lalu , dimana tidak adanya pesilat dari DKI Jakarta yang mewakili Indonesia , maka dilaksanakanlah Diskusi Pencak Silat  oleh Forum Peduli Pencak Silat Mahasiswa FIK UNJ pada tanggal 30 Desember 2009 bertempat di Ruang Sidang Lantai 2 FIK UNJ, Jl Pemuda No. 10 Rawamangun Jakarta Timur. Yang hasilnya mengeluarkan

Rekomendasi sbb :
1.    Kepengurusan DKI perlu di perbaharui sesuai AD & ART, karena habis masa berlaku pada tahun 2007.
2.    Perlu disusun buku pedoman pembentukan  Tim (pelatda, pelatnas) meliputi : Atlet, Pelatih dan Official.
3.    Rintisan agar pencak silat masuk sekolah, dalam bentuk ekskul dan mulok dengan menyusun buku  pedoman pelaksanaannya.
4.    Peningkatan perwasitan dan pelatih sesuai perkembangan iptek.
5.    Perlu ada kebijakan pemerintah tentang pencak silat sebagai budaya bangsa.
6.    Sosialisas hasil diskusi  ke media massa.
7.    Adanya pertemuan lanjutan secara berkala.
8.    Perlunya dibentuk kemitraan dalam mengembangkan pencak silat.
9.    Dikembangkannya Forum peduli pencak silat sebagai lembaga mitra.
10. Usulan adanya program Kejuaraan Eddy M Nalapraya Cup dan Pengangkatan sebagai Bapak Pencak Silat Nasional.

HASIL FOCUS GROUP DISCUSSION

PERKEMBANGAN PRESTASI PENCAK SILAT BERCERMIN DARI HASIL SEA GAMES 2009 LAOS

Diskusi dilaksanakan oleh Forum Peduli Pencak Silat Mahasiswa FIK UNJ pada tanggal 30 Desember 2009 bertempat di Ruang Sidang Lantai 2 FIK UNJ, Jl Pemuda No. 10 Rawamangun Jakarta Timur. Tel. 4893534

JAKARTA, 31 DESEMBER 2009

A.   Pendahuluan
Ditengah-tengah kehausan informasi, diskusi dan kepada siapa akan menyampaikan informasi, maka dengan diadakannya forum diskusi akan menjadi forum yang tepat dalam memecahkan perrmasalahan pencak silat, jika informasi tersumbat maka pemecahan permasalahan pencak silat akan melebar dan berjalan kemana-mana tanpa tujuan dan ini akan menjadikan sulitnya pemecahan pencak silat.
Perkembangan prestasi pencak silat dewasa ini sangat memprihatinkan dan perlu perhatian terutama diajang internasional SEA Games 2009 Laos, dari situasi seperti ini maka sebagian kecil mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta yang mengikuti mata kuliah pencak silat yang tergabung dalam Forum Peduli Pencak Silat Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta berinisiatif menyelengarakan forum diskusi sederhana dengan mengundang instansi dan dan perguruan pencak silat yang terkait serta para pakar perorangan untuk sekedar silaturahmi dan membicarakan berbagai hal tentang pencak silat, dari inisiatif yang kecil maka diharapkan adanya usulan dan dorongan kepada berbagai pihak untuk bersama-sama meningkatkan pencak silat sebagai budaya bangsa di negeri nya sendiri.
Forum diskusi sangat penting untuk memberikan masukan kepada IPSI khususnya menghadapi SEA Games 2011 agar Indonesia menjadi juara umum di pencak silat karena Indonesia sebagai tuan rumah, jika Indonesia tidak juara umum maka akan sulit dibayangkan bagaimana kemampuan Indonesia dalam mengelola pencak silat sebagai budaya bangsa, yang katanya bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati dan menghargai para pahlawan dan budayanya.

B.   Bentuk Kegiatan
Kegiatan berbentuk diskusi kecil yaitu Focus Group Discussion yang memposisikan semua peserta aktif  dalam seluruh kegiatan.

C.   Tujuan
1.    Silaturahmi antar masyarakat pencak silat.
2.    Membicarakan berbagai permasalahan pencak silat yang ada selama ini.
3.    Membicarakan perkembangan prestasi pencak silat terutama hasil SEA Games 2009 Laos dimana Indonesia urutan ke 4 di bawah Vietnam, Malaysia dan Thailand.
4.    Memberi masukan kepada IPSI untuk menyusun program yang lebih tepat dan menjawab peningkatan prestasi.

D.   Manfaat
1.    Berkembangnya silaturahmi antar masyarakat pencak silat.
2.    Munculnya berbagai berbagai problem pencak silat yang terpendam.
3.    Munculnya ide, inisiatif, pemikiran untuk peningkatan pencak silat.
4.    Sebagai masukan dan evaluasi hasil kinerja IPSI agar selalu memenuhi tuntutan masyarakat pencak silat.

E.   Pelaksanaan
Dilaksanakan pada Rabu, 30 Desember 2009 bertempat di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta.

F.    Peserta
Peserta yang diundang PB IPSI, Pengprov IPSI DKI Jakarta, Pencab IPSI Jaktim, Jaksel, Jakbar, Jakut, Jakpus, Perguruan Historis KPS Nusantara, Tapak Suci, Perisai Diri, Perisai Putih, Putra Betawi, Setia Hati, Setia Hati Terate, KONI Prov DKI Jakarta, Dinas Olahraga dan Pemuda Prov DKI Jakarta, Asosiasi Guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga Indonesia (AGPORI), PUSKOR FIK UNJ.


Related Tags :