Perpustakaan di Padepokan Nasional Pencak Silat



Bila anda pernah berkunjung ke padepokan nasional pencak silat ada satu fasilitas yang patut anda kunjungi, terutama bagi anda yang ingin mengasah pengetahuan tentang pencak silat melalui buku-buku maupun artikel yang tersimpan di Perpustakaan (perpus) pencak silat dikawasan padepokan ini.

Perpusatakaan berlantai dua ini terletak disisi kanan pintu masuk kawasan padepokan nasinal pencak silat bersifat umum dapat dikunjungi oleh siapa saja setiap hari kerja mulai pukul 10 sampai dengan pukul 4 sore. Perpustakaan ini menyimpan koleksi buku, artikel, karya ilmiah hingga tesis dan tersedia pula beberapa dokumentasi perguruan yang berkembang di Indonesia. Tidak ketinggalan album foto yang sempat di tangkap kamera dan menjadi saksi sejarah perjalan panjang IPSI khususnya pencak silat Indonesia.

Sedangkan di lantai dua anda dapat melihat berbagai simbol perguruan, senjata khas, sejarah pencak silat (IPSI dan Persilat). Menurut mas Yitno salah seorang petugas perpus padepokan mengatakan ? Perpustakaan membuka seluas-luasnya kepada masyarkat yang ingin mengetahui mengenai pencak silat melalui wahana buku, walau koleksi buku yang tersedia belumlah begitu banyak namun koleksi tersebut sangat penting, walaupun kami belum mengijinkan koleksinya dipinjam, kami menyarankan pengunjung untuk membawa catatan?.

Pengamatan kami perpus pada hari biasa tidak begitu ramai paling pengunjung perhari masih berkisar satu dua orang saja, namun bila ada event yang besar dipadepokan ini perpus bisa dikunjungi ratusan orang. Sesungguhnya perpus memiliki fungsi yang cukup penting tidak hanya sebagai sumber bacaan namun juga menjadi pusat dokumentasi perkembangan pencak silat di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Bila diperhatikan minat membaca dikalangan pesilat masih dinilai sangat kurang, padahal dijakarta saja jumlah pesilat terutama dari kalangan pelajar dan mahasiswa tidaklah sedikit, namun kenyataannya mereka belumlah menganggap perpus sebagai media untuk menambah wawasan mereka dan ini dibuktikan masih sedikitnya pengunjung dari dua kalangan tersebut. Bila ditinjau kembali minat baca yang kurang dengan minta menulis atau membuat karya tulis belumlah banyak yang ingin menuliskan mengenai pencak silat baik dari kalangan pelajar maupun mahasiswa.

Menurut pak Yitno menambahkan bahwa ?Perpus menerima buku-buku maupun artikel mengenai pencak silat, tentunya akan menambah koleksi buku ? buku maupun artikel yang tersimpan disini? ujurnya. Dan bagi anda yang ingin berkunjung untuk sekedar melihat-lihat atau ingin mencari beberapa artikel mengenai pencak silat silahkan datang ke perpus padepokan Nasional Pencak Silat, yang pasti anda akan dilayani dengan ramah oleh staff perpus pencak silat (Juli2006)

di Update Maret 2007
Koresponden Silatindonesia.com
Yanweka dan Ezra

www.silatindonesia.com


Related Tags :

 

Forum Sahabat Silat