Mengapa Tidak Pencak Silat?



Hari ini (17/12) di harian Kompas, terdapat foto anggota TNI AL yang sedang memeragakan keahlian bela diri karatenya (bela diri asal Jepang). Pada waktu kuliah di Surabaya, saya juga mendengar bahwa pelatih Taekwondo (Bela diri asal Korea) di kampus saya juga melatih para prajurit Marinir TNI AL. Di saat itu saya juga mendengar bahwa banyak prajurit kepolisian yang berlatih bela diri Judho (Bela diri asal Jepang).

Saat di Jakarta, tak jarang saya melihat para prajurit TNI AD juga berlatih Karate di markasnya. Begitu pula dengan prajurit kepolisian.



Namun, hingga saat ini saya belum pernah mendengar, melihat, membaca berita para prajurit TNI dan kepolisian memperagakan keahliannya dalam pencak silat (bela diri asal Indonesia), bisa jadi saya kurang baca sehingga tidak mengetahui hal itu.

Namun sebagai warga negara Indonesia saya berharap para prajurit TNI dan kepolisian wajib menguasai bela diri asal Indonesia yaitu pencak silat. Setelah menguasai pencak silat, baru mereka dibebaskan untuk belajar bela diri import dari negara asing.

Menurut saya gerakan pencak silat tidak kalah dengan gerakan bela diri import itu. Lantas mengapa tidak pencak silat? Bagaimana jadinya jika prajurit TNI yang bertugas membela kedaulatan negeri dari serangan pihak asing ini justru mengagumi bela diri import?

Sumber : Kompas.com

Komentar Dedy :
menurut saya bukan masalah import atau lokalnya ya? bahkan tidak ada hubungannya dengan nasionalis, saya orang awam yang tidak mengerti bela diri dan seluk beluk tentara, yang saya tahu bahwa karate, taekwondo, judo, jujitsu,pencak silat, gulat dll mempunyai karakter masing-masing, ada kembangan-kembangan yang berbeda di masing - masing jenis beladiri. setahu saya beladiri tsb saling menyempurnakan, dan belum pernah ada kompetisi resmi-olahraga yang saling mengadu antara jenis beladiri tsb kecuali tayangan TV dan film (bloodsport) jadi belum pernah dibuktikan mana yang paling jago.
National geografi pernah mengulas tayangan ttg masing-beladiri, ada penjelasan keunggulan dan kelemahan masing2.
jadi menurut saya Para Pimpinan AD,AL,AU dan Polri Pasti punya alasan tersendiri unutk memilih jenis Bela diri yang akan dibekalkan kepada anggotanya!
maaf lo pak, ini hanya bayangan saya, seorang Marinir yang tugasnya mengendap2 harus mengeluarkan kembangan-kembangan jurus Pencak silat/-WUSHU, wah.. bisa bisa ketahuan mush duluan! maaf loh pak sekali saya katakan saya buta ttg pencak silat dan tentara.

Apakah anda setuju dengan pendapat Pak Dedy?


Related Tags :