Diskusi Cikalong dan AIKIDO



SilatIndonesia.com - Jum'at 26 Januari 2006, tepatnya pukul 20.00, Forum pencinta pencak silat tradisional mengadakan diskusi internal Yang rencananya akan diadakan secara regular sebulan sekali. pada bulan januari ini dipilih topik diskusi teknik tentang Aikido dan silat cikalong.

Dari mulai acara telah berkumpul teman teman dari ikido dan Anggota forum FPPST beserta teman teman dari perguruan silat cikalong pancer bumi.

Masing masing aliran baik cikalong maupun Aikido menjelaskan tentang histori dari masing masing Aliran. dari Aikido menjelaskan bagaimana kronologis aliran ini diciptakan oleh O'sensei Morihei Ueshiba, sedangkan dari cikalong di jelaskan juga tentang bagaimana aliran cikalong ini di ciptakan dan di sebarkan oleh H.Ibrahim di cikalong. meski namanya adalah cikalong, jurus jurus cikalong bukan jurus kalong apalagi batman tetapi cikalong adalah nama tempat di cianjur dimana Aliran ini di ciptakan oleh H. Ibrahim.

Sampailah pada saat diskusi teknik, meski kedua aliran terkesan menyembunyikan diri dan enggan untuk menunjukkan jurus jurus dasyatnya, pada akhirnya praktek teknik pun tidak bisa di elakkan. dimulai dengan prinsip jurus dari aiki yang mengedepankan teknik tenaga kosong (dimana kita berusaha menyatu dengan lawan) kemudian dilanjutkan oleh cikalong yang menunjukkan teknik tenaga Isi - Kosong dan tenaga setengah.

Masalah teknik menyalurkan tenaga ini juga menjadi topik hangat dalam diskusi, sehingga pada akhir sessi ini semua peserta berkesimpulan bahwa secara perinsip antara Aikido dan pencak silat cikalong memiliki kesamaan dalam teknik melatih rasa /Insting termasuk
pengaturan tenaga.

Pak Azis dari cikalong pancer bumi mengatakan bahwa ada kesamaan dalam teknik yang diperagakan oleh Aikido,sehingga ketika di coba menggunakan teknik silat cikalong pada salah seorang anggauta aikido, yang bersangkutan mengakui adanya kesamaan dalam teknik mengontrol dan menjatuhkan lawan oleh silat cikalong dengan aikido.

Sensai Imanul Hakim dari Akido pun mengakui hal ini, meski memang secara latar belakang budaya silat dan aiki berbeda tetapi falsafah dan perinsip tenaga memiliki kesamaan sehingga beliau pun mengatakan
seadainya dulu tahu ada silat seperti ini dia tidak perlu belajar jauh jauh ilmu dari jepang sana.

Hanya saja tuturnya kesulitannya adalah karena aliran silat tradisional sangat tertutup dan sukar untuk di temu di masyarakat kita sehingga perlu mencari kedesa desa kekampung kampung sampai keluar masuk gang kecil. padahal dari sisi kualitas ilmu dan perinsip tidak kalah dengan beladiri manca negara seperti Aikido ini.

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 11 malam, akhirnya semua peserta diskusi khususnya dari teman teman team Aikido mengundurkan diri. meski demikian teman teman dari FPPST masih penasaran dan tetap
berdiskusi bersama teman teman dari silat cikalong sampai pagi dan tak terasa waktupun sudah menunjukkan pukul 3 pagi. akhirnya semua pamit dan kembali dengan senyum puas sekaligus bangga pada budaya
bangsa ini.

Wassalam

Oleh : Kiki
www.nagapasa.multiply.com

www.silatindonesia.com


Related Tags :

 

Forum Sahabat Silat