Thailand Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2006



Thailand Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2006

Sumber : mediaIndonesia
JAKARTA--MIOL: Daerah wisata Phuket, Thailand dipastikan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2006, menggantikan Bali yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai penyelenggara event olahraga dua tahunan itu.

Rapat antara organisasi internasional Persilat dan Asosiasi Pencak Silat Thailand yang berlangsung Kamis (28/7) memastikan Phuket sebagai tuan rumah, menggantikan Bali. Kejuaraan akan dilangsungkan Desember, tapi tanggal belum ditetapkan, kata Kaseem Benchawong, Sekretaris Jendral Asosiasi Pencak Silat Thailand (PASAT) di Padepokan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Jumat (29/7).

Menurut Kaseem yang berasal dari selatan Thailand dan fasih berbahasa Melayu itu bahwa Bali gagal menjadi tuan rumah sehubungan dengan masih adanya 'travel warning' dari beberapa negara untuk berkunjung ke Indonesia, sehingga dikhawatirkan jumlah peserta tidak seperti yang diharapkan.

Kaseem yang berada di Jakarta untuk memenuhi undangan Persilat menghadiri Malam Anugerah Pencak Silat di Padepokan Silat pada 1 Agustus

mendatang mengatakan, Phuket sengaja dipilih untuk mempromosikan pariwasata di daerah itu yang sempat hancur setelah dihantam badai tsunami pada 26 Desember 2004 lalu.

Dalam bencana tersebut, sebanyak 6000 orang tewas dan kebanyakan dari mereka adalah wisatawan asing.

Pariwasata di Phuket sudah bangkit kembali. Event ini diharapkan akan membangkitkan daerah Phuket sebagai salah satu tujuan wisata favorit di Thailand, kata Kaseem.

Usai kejuaraan dunia 2002 di Penang, Malaysia, Bali sebenarnya juga

dicalonkan menjadi tuan rumah, yaitu pada 2004, namun gagal mengingat

masalah 'travel warning' tersebut. Kejuaraan tersebut akhirnya dipindahkan ke Singapura.

Menurut Kaseem, Thailand sudah siap menjadi tuan rumah kejuaraan dunia karena mereka sebelumnya juga pernah menjadi penyelenggara, yaitu pada 1994.

Kami juga sudah siap untuk menjadi tuan rumah SEA Games 2005 pada November ini jika Filipina menyatakan tidak siap karena kemelut politik di negara itu, katanya.

Kemelut politik di Filipina menurut pengakuan Kaseem membuat khawatir para atlet Thailand, termasuk atlet silat.

Saat ini pemberitaan di Thailand dipenuhi oleh masalah kesiapan Filipina sebagai tuan rumah. Thailand sudah siap jika Filipina nantinya menyatakan tidak sanggup menjadi tuan rumah karena fasilitas olahraga di negara kami memang sudah lengkap, katanya menambahkan. (Ant/OL-1)

www.silatindonesia.com


Related Tags :