PORTEDA CAKRA MURTI



PORTEDA CAKRA MURTI


PORTEDA CAKRA MURTI merupakan singkatan dari Perguruan Olah Raga Tenaga Dalam CAKRA MURTI (PCM) (PCM) adalah sebuah perguruan olah raga bela diri yang berdasarkan pada tenaga dalam yang diperoleh dengan melakukan senam pernafasan yoga yang telah dimodifikasi, sehingga sangat mudah untuk dipelajari.
Tenaga Dalam selain dapat digunakan sebagai Bela Diri, meningkatkan Kesehatan, dapat juga dipakai untuk Pengobatan / Penyembuhan Alternatif bagi diri sendiri maupun orang lain.

PCM telah terdaftar secara resmi di Kejaksaan sejak 16 Febuari 1993.

Dilihat dari arti katanya, CAKRA MURTI (CM) dapat diartikan sebagai berikut :
Kata CAKRA berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti RODA atau CAKRAM, yaitu benda yang berbentuk bulat yang tengahnya berlubang dan dibagian pinggirnya tajam.
Di dalam setiap tubuh manusia terdapat jalinan simpul-simpul urat syaraf yang membentuk lingkaran dan menyerupai Cakram yang juga dinamakan CAKRA.
MURTI sendiri berarti Bentuk Penampilan.
Jadi secara umum Cakra Murti dapat diartikan :
-- Suatu kekuatan inti yang terdapat didalam tubuh manusia yang mengeluarkan atau menampilkan suatu kekuatan yang sangat ampuh --.

Keunikan PCM yaitu simpul-simpul kekuatan yang berada di dalam tubuh Astral (Cakra) para anggotanya, ternyata dapat dirangsang untuk diaktifkan /dibuka cakranya oleh Guru Besar, dalam tempo yang relatif singkat (kurang lebih 5 menit).
Dengan terbukanya Cakra tersebut, selanjutnya para anggotanya tinggal berlatih merasakan getaran, membangkitkan dan meningkatkan tenaga dalam, belajar menggunakan secara effektif melalui latihan rutin.

Dasar senam pernafasan PCM diambil dari Assanas Yoga. Setelah dimodifikasi tanpa mempengaruhi makna dan tujuan dari gerakannya masing-masing, sehingga sangat mudah dipelajari, effektif dan tidak ada yang berat. Dengan bertitik awal mulai belajar senam pernafasan ala PCM, dengan Cakra-cakra yang telah terbuka ternyata kemajuan yang diperoleh adalah sangat pesat.

TUJUH CAKRA UTAMA
Di dalam tubuh manusia Cakra yang telah aktif berguna sebagai kendali, penggerak dan pemberi daya hidup kepada alat-alat organ tubuh manusia. Juga merupakan lambang pusat energi psikis guna keseimbangan antara ke empat buah fungsi utamanya, yaitu :
berfikir, merasakan, sentuhan dan intuisi.
Berdasarkan ajaran Yoga bahwa didalam tubuh manusia terdapat tujuh Cakra Utama yang merupakan pusat energi psikis, diantaranya :

1. Cakra Dasar atau Muladara Cakra (Basic Cakra)
Terletak diujung sumsum tulang belakang (dekat tulang Coccygeus), merupakan pusat energi yang dapat menyebar kesetiap Cakra didalam tubuh manusia

2. Cakra Pusar atau Manipura Cakra (Navel Cakra)
Terletak di daerah pusar.

3. Cakra Pankreas
Terletak di daerah Pankreas.

4. Cakra Jantung ( depan dan belakang ) atau Anahata Cakra
Terletak di daerah jantung.

5.Cakra Tenggorokan atau Vishuda Cakra (Larynx Cakra)
Terletak di daerah tenggorokan.

6. Cakra Adnya
Terletak didaerah antara kedua alis.

7. Cakra Mahkota atau Sahasara Cakra
Terletak di ujung ubun-ubun (Crown Head) yang merupakan pusat inti kesadaran tertinggi di dalam tubuh manusia.

Yoga yang Dimodifikasi
Ajaran (Ilmu) Yoga tumbuh pertama kalinya di India, yang kemudian menyebar ke seluruh pelosok dunia. Di Indonesia khususnya banyak perguruan olah raga baik yang menyangkut tenaga dalam maupun tidak, dasar gerakannya mengambil dari Assanas Yoga, hanya saja sudah dimodifikasi sehingga mudah untuk dipelajari dengan makna yang tetap. Demikian juga dengan sistim / methoda Meditasi.

Belajar Yoga secara normal ternyata memakan waktu tahunan malahan puluhan tahun melakukan assanas Yoga yang di bimbing oleh seorang guru Yoga mungkin baru dapat berhasil untuk membuka beberapa Cakranya. Dapat dibayangkan betapa sulitnya untuk membuka Cakra dengan cara tersebut. Keberhasilan seseorang belajar Yoga dapat diukur dari terbukanya Cakra-cakra yang terdapat pada tubuhnya.

Dasar senam pernafasan PCM diambil dari Assanas Yoga. Setelah dimodifikasi tanpa mempengaruhi makna dan tujuan dari gerakannya masing-masing, sangat mudah untuk dipelajari, effektif dan tidak berat. Dengan bertitik awal mulai belajar senam pernafasan ala PCM, dengan Cakra-cakranya yang telah terbuka, ternyata kemajuan yang diperoleh sangatlah pesat.

Dalam tempo empat bulan saja, terbukti semua anggota PCM merasakan hal-hal sebagai berikut :

- Kesehatan meningkat sebagai contoh : bagi mereka yang mengidap penyakit Jantung, darah tinggi dan rendah, kepala sering pusing-pusing, stress dan lain-lain, ternyata tidak pernah merasakan kambuh lagi dan bagi yang baru masuk kesehatannya memang baik dirasakan menjadi lebih fit.

- Merasa aman dan lebih percaya diri.

- Telah dapat menggunakan tenaga dalamnya antata lain sebagai berikut :
a. Meditasi
b. mendeteksi kekuatan (getaran) jarak dekat dan jauh.
c. Mengirim kekuatan (Transfrer Power) jarak dekat dan jauh.
d. Membuat diri kebal akan pukulan dan senjata tajam.
e. Pemecahan benda-benda keras seperti : kikir, pompa Dragon, balok es, batu kali dan lain-lainnya.
f. Menyerang dan bertahan dengan menggunakan tenaga dalam dan lain-lainnya.

Sumber : Cakra Murti 04
Untuk menambahkan info silahkan hubungi admin kami

www.silatindonesia.com


Related Tags :