Bila Kita Berhadapan Dgn Penjahat



Bila Kita Berhadapan Dgn Penjahat
Oleh : Anindito

Bela diri bukan semata-mata cara berkelahi secara fisik dengan lawan, namun yang lebih penting adalah strategi bagaimana menyelamatkan diri kita dari niat-niat jahat seseorang. Bayangkan kalo kita dalam situasi ditodong penjahat dengan pisau dijalan; dalam situasi hidup mati ini kita tidak boleh mengambil keputusan yang salah. Karena keputusan yang harus kita ambil dalam beberapa detik ini bisa mempengaruhi hidup kita. Jadi sangat penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan.

Menurut Chris Harris, dalam bukunya The Complete Idiot?s Guide to Self-Defense, ada 4 hal yang harus kita ketahui untuk menyelamatkan diri jika menghadapi situasi diatas.

? Siapkan Pikiran dan Mental
Biasanya orang enggan membayangkan situasi jika ia harus menghadapi penjahat. Karena hal ini akan menyangkut pada rasa takut, yaitu takut jika dilukai, dianiyaya, atau bahkan takut terbunuh. Padahal dengan membayangkan situasi seperti ini akan memperbesar kesempatan kamu untuk bisa menyelamatkan diri.

Bayangkanlah jika kamu sedang dalam situasi berhadapan dengan penjahat dan pikirkan tindakan apa yang akan anda lakukan. Jangan terpengaruh oleh cerita-cerita di film, dimana orang dapat bertindak sebagai pahlawan dengan merebut senjata, melumpuhkan penjahat, dan sebagainya. Gak perlu bertindak sok pahlawan, berpikirlah bijak dan realistis, amati situasi sekitar. Cari kelengahan penjahat dan pada saat itu kamu bertindak dengan cepat dan tepat.

? Kenali Resiko
Jika kamu sedang menghadapi penjahat, maka kenali resiko yang ada sebelum membuat keputusan yang tepat. Jika resiko sudah dikeatahui, maka keputusan yang diambil haruslah berdasarkan kepada cara terbaik untuk menyelamatkan diri. Semisalnya kamu ditodong dengan pistol, dan jika keputusan untuk tidak menyerahkan uang hanya akan mempertinggi resiko ditembak, maka pilihan yang paling aman sudah jelas.

Kenapa juga kita mesti ngelawan orang yang pake pistol (bisa jadi mainan) untuk uang sebesar 50 ribu.. ya gak ?

? Kenali Pilihan yang Ada
Menentukan tindakan yang terbaik dapat dilakukan jika telah mengenali resiko yang ada. Beberapa pilihan yang biasa dipertimbangkan bila berhadapan dengan penjahat;

- Haruskah kita melarikan diri?
- Haruskah kita berteriak?
- Haruskah kita menurut?
- Haruskah kita menolak?
- Haruskah bertindak agresif dan menyerang?
- Haruskah kita menurut sekarang dan menunggu
kesempatan yang baik saat ia lengah?
- dsb.

? Kenali Tujuan Penyelamatan Diri

Dalam situasi menghadapi penjahat, hanya satu tujuan kita, yaitu selamat. Jika kamu harus memilih antara terluka atau kehilangan nyawa, maka memang tidak ada pilihan lain. Beberapa kasus sebagian orang berusaha sekuat mungkin untuk tidak terluka namun akhirnya malah kehilangan nyawanya. Jadi maksud dari tips ini adalah bahwa prioritas utama anda adalah?.stay alive!!!!. Berusaha untuk tetap hidup adalah objective dari setiap tindakan yang kita ambil dalam menghadapi ancaman penjahat.

Sumber :

Chris Harris, The Complete Idiot?s Guide to Self-Defense, Alpha Books, Macmillan USA, Inc., 201 West 103rd Street, Indianapolis.

www.silatindonesia.com


Related Tags :