agenda pembentukan forum pecinta pencak silat



Membangun Forum Pecinta Pencak Silat

Pencak silat sudah sangat sering didengar oleh masyarakat Indonesia sebagai olahraga beladiri yang hingga saat ini perkembangannya maju pesat karena sudah 20 lebih negera ikut dalam organisasi pencak silat International (PERSILAT), walupun demikian ternyata pencak silat tidaklah sepopuler yang kita harapkan di negeri sendiri, banyak orang lebih mengenal silat sangat terbatas. Karena memang silat itu sendiri sangat beragam dan kaya akan ilmu yang dikandungnya. Namun sayangnya pencak silat semakin menghilang ditengah kemajuan jaman yang membuat beberapa aliran silat tradional semakin terjepit dan mungkin sebagian telah mengilang.

Usaha-usaha pelestariannya sebenarnya sudah dilakukan oleh beberapa badan organisasi pemerintah maupun organisasi seperti IPSI dan PERSILAT, namun sebagai orang Indonesia yang memahami betapa pentingnya pelestarian itu maka ada niat dari kawan-kawan pesilat khususnya melalui interaksi mereka di sebuah milis Pencak Silat. SilatBogor ( Beginning Of Global ORientation) atau istilahnya ?mengembangkan Berfikir dalam Orientasi Global? tidak berfikir sempit yang banyak terjadi hingga jaman diglobalisasi ini.

Apa saja yang menjadi agenda pembentukan forum pecinta pencak silat, menurut pak Eko Hadi salah satu anggota milis tersebut mengatakan bahwa ?Forum ini kami harapkan sebagai suatu paguyuban/bersifat silahturahmi, sehingga ikatan keanggotaannya lebih kepada ikatan moral, tidak berafiliasi kepada Perkumpulan/ormas manapun, terbuka untuk semua golongan dan aliran-aliran yang ingin kita kembangkan tetap pada jalur aselinya?

Pembentukan Forum itu sedikitnya ada 3 Badan/unit yang terdiri dari:
1. Unit Riset/dokumentasi;
2. Unit Pengembangan/Pelestarian;
3. Unit Publikasi/promosi.

Tentu saja harapan dan dukungan dari pesilat dari perguruan manapun akan selalu terbuka, karena kita sadar bahwa sebagus apapun program yang digulirkan bila tidak mendapatkan dukungan dari segenap anggota maka hasilnya tidaklah maksimal.

Sementara ini Pengodokan bagaimana forum ini akan dibentuk masih dalam proses, dan tentunya bagi reken-reken pesilat di Jabotabek diharapkan dapat bersama membangun forum dalam komunitas pencak silat ini sehingga akan banyak muncul wacana yang dapat direalisasikan bersama.

Walupun demikian diharapkan forum ini tidak hanya sebatas pada salah satu aliran saja, namun banyak aliran yang kembali dapat dihidupkan, tentunya setiap aliran memiliki ciri khasnya masing-masing dan kekayaan dan keragaman pencak silat khususnya pencak silat tradional memiliki harapan untuk lebih dapat dikembangkan minimal dikenal dan dipelajari oleh segelintir atau beberapa orang yang memang menyadari pentingnya silat sebagai olehraga dan jatidiri bangsa yang tunduk dan patuh pada Tuhan YME.

Bagi anda yang ingin ikut serta dala kegiatan ataupun bersama berdiskusi tentang pencak silat secara global silahkan saja untuk bergabung dengan rekan-rekan dalam dalam milis silatBogor yang dapat anda kunjungi melalui alamatnya di http://silat.4-all.org atau melalui situs ini disana sudah disediakan kolom registrasi untuk masuk kedalam milis, kebetulan kami bekerjasama dengan milis ini untuk menjalin komunikasi dalam komunitas pencak silat Indonesia.

Silatbogor Beginning Of Global ORientation

Archives Portal Komunitas Pencak Silat Indonesia : http://silatindonesia.com

Wednesday, May 17, 2006 17:41:35



Related Tags :

 

Forum Sahabat Silat