Jambore Seni Pencak Silat Jadi Agenda Tahunan





JAKARTA - Jambore pencak silat nasional yang baru berakhir, Ahad (19/7) di Taman Buah Mekar Sari, Ciulengsi, Bogor, akan menjadi agenda nasional, yang diselenggarakan setiap tahun. Sebanyak 54 perguruan silat dari berbagai penjuru Indonesia dan 1000 atlet hadir dalam jambore pertamakali tersebut.

"Seni budaya Pencak Silat harus kita lestarikan, hanya melalui kegiatan seperti ini kita dapat melestarikanya," ujar Andi Mappaganty, Ketua Harian Panitia Jambore Seni Pencak Silat Indonesia, Senin (20/7).

Andy menambahkan, pihaknya juga ingin secara aktif menjadikan pencak silat sebagai sarana aktif pembangunan dan pembentukan karakter bangsa. Selain adanya festival seni Pencak Silat, acara yang baru dihelat kali pertama ini juga digunakan sebagai ajang tukar pikiran, pengalaman sesama perguruan silat Indonesia.

Hadir pula dalam kesempatan ini, Rachmat Gobel mewakili Komite Olahraga Indonesia, Wakil Ketua KONI, Mulyana dan Tunas Dwi Dharto (Deputi Peningkatan Prestasi dan Iptek Olahraga).

Hayono Isman yang bertindak sebagai Ketua Umum Panitia Jambore Seni Pencak Silat menyatakan, ide jambore berasal dari sejumlah pimpinan perguruan silat historis pada sebuah pertemuan informal tahun 2007 yang berujung pada kesimpulan, memaksimalkan peran pesilat di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Dapat saya sampaikan bahwa jumlah peserta yang ikut serta kurang lebih ada 1000 pesilat dari 50 perguruan silat dari berbagai daerah di Indonesia.” katanya.

Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan seni budaya asli Indonesia, sekaligus menularkan ajaran pencak silat yang mengedepankan pengembangan akhlak dan mental spiritual kepada masyarakat Indonesia pada khususnya dan masyarakat internasional pada umumnya.

Hayono juga menyatakan harapannya bahwa Pesilat diharapkan tidak saja dapat melindungi dirinya sendiri, lebih dari itu seorang Pesilat diharapkan dapat menjadi seorang Pendekar yang sesungguhnya yang juga dapat melindungi masyarakat serta lingkungan dimana mereka berada.

Jambore Seni Pencak Silat Indonesia 2009 ini diisi oleh kegiatan kompetisi seni pencak silat, exhibisi pencak silat perguruan dalam dan luar negeri, serta sarasehan perguruan pencak silat, pemutaran film silat serta pameran buku/komik silat dan program-program pelestarian lingkungan. lhk/pur

By Republika Newsroom


Related Tags :

 

Forum Sahabat Silat