Kredibilitas Pencak Silat Indonesia



Bulan Agustus akan diramaikan dengan ajang pertandingan pencak silat di kawasan Sub Mekong Region.
Asia Martial Arts Games akan digelar pada tgl 1 - 9 Agustus di Thailand sesudah ditangguhkan karena rayot di Bangkok bulan lalu. Asia Indoor Sport Games juga akan digelar di penghujung bulan yang sama di Hanoi Vietnam. Desember mendatang akan juga diramaikan pesta olahraga Sea Games di Vientian LaosPDR

Persiapan pesilat sudah barang tentu menjadi prioriti pertama, Pencak Silat sejak Sea Games 1987 mulai dipertandingkan. Indonesia tempat tujuan negara negara tetangga untuk mempersiapkan pesilatnya dengan berlatih bersama dan uji coba. KIni peta pemusatan latihan dan untuk menjajal kekuatan lawan mulai berubah. Vietnam rupanya mendapat kepercayaan dari luar negeri tempat untuk berlatih dan mempersiap diri menghadapi even yg besar. Brunei sudah merubah pandangannya untuk berlatih berbulan bulan di Hanoi, Pencak Silat Laos mempersiapkan pesilatnya mendapat bantuan sapenuhnya dari pemerintah Vietnam untuk berlatih bersama sama di Vietnam.
Bulan ini juga Tim Pencak Silat Vietnam akan berlatih sebulan bersama Thailand Pencak Silat tim di Phuket Thailand Selatan. Ada apa gerangan menjadi kan tanda tanya mengapa mereka yang semula bertandang berlatih di Padepokan Pencak Silat Indonesia kini beralih ke Vietnam dan Thailand. Tidak cukup kuat kah tim Pencak Silat Indonesia atau mereka kecewa atas pelayan kita mungkin juga bisa mereka menutup diri agar tidak diketahui tim Indonesia.

Patut menjadi catatan semenjak tahun 2000 tim Vietnam kerap kali datang berlatih di Indonesia. Tim Indonesia tahu teknik tim Vietnam di buatnya dukumentasi, alihwal di even tim Indonesia terus kalah berkali kali. Karena prustasinya tim Indonesia dijangkiti penyakit jiwa Vietnam Syndrom.  Mari kita pikirkan pertahankan kredibilitas pencak silat Indonesia sebagai negara sumber.


Wassalam

O'ong Maryono


Related Tags :