Pencak Silat Harus Berprestasi di Ajang Internasional



JAKARTA--MI: Jika masih muda, Wapres Jusuf Kalla pasti akan mempelajari gerakan silat. Pasalnya, olahraga ini sudah menjadi bagian keseharian kebanyakan masyarakat Indonesia.

"Seandainya saya masih muda, saya juga akan bergabung dan belajar pencak silat," katanya saat menerima pengurus pusat Ikatan Pencak Silat Indonesia NU Pagar Nusa mendatangi Kantor Wapres di Jakarta, Rabu (21/1).

Ia menyebutkan, saat ini pencak silat bukan hanya sekadar warisan budaya saja, namun juga telah menjadi olahraga keseharian. "Bahkan di Asian Games, pencak silat sudah menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan. Karena itu jika ingin terus berkembang pencak silat harus mampu berprestasi dalam ajang olahraga internasional yang digelar," ujarnya.

Kedatangan mereka selain bersilahturahim, mereka juga mengundang JK untuk menghadiri rakernas yang akan digelar pada akhir Januari 2009. Dalam kunjungan tersebut, puluhan pendekar berseragam hitam-hitam ini sempat beraksi dengan menunjukkan gerakan atau jurus silat yang mereka pelajari di depan wapres.

Salah satu Ketua Pagar Nusa Teddy Permana Daud menyebutkan, Pagar Nusa memiliki 18 juta anggota di seluruh Indonesia. Anggota Pagar Nusa itu berfungsi untuk melindungi para kiai Nahdatul Ulama. (Che/OL-03)

Berita dari OKEzone.com
Sekira 40 pendekar dan pengurus Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa bertemu dengan Wapres Jusuf Kalla (JK) di Istana Wapres siang hari ini.

Selain mengelar pertemuan resmi, Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa juga memamerkan sejumlah kepiawaian para pendekarnya dalam berseni beladiri di depan Wapres Jusuf Kalla. Wapres terlihat sangat antusias memperhatikan kepiawaian para pendekar Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa.

Adapun tujuan kedatangan Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa.antara lain adalah dalam rangka mengundang Wapres Jusuf Kalla untuk dapat membuka Rakernas Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa yang akan diselenggarakan pada  26 Januari 2009.

Dalam sambutannya Wapres Jusuf Kalla mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Perguruan Silat Pagar Nusa yang notabenenya berasal dari Nahdlatul Ulama. Wapres juga menilai perkembangan pencak silat belakangan ini sangatlah baik, oleh karenanya dirinya meminta agar sistem dan kualitas dari pencak silat semakin ditingkatkan.

"Pencak silat yang selama ini seakan-akan hanya menjadi warisan masa lalu, sekarang sudah menjadi bagian olah raga internasional sehingga sudah masuk Sea Games, Asean Games, sehingga menjadi bagian yang harus kita tingkatkan kualitas dan sistemnya,'' terang Kalla.

Dalam kesempatan yang sama, Wapres juga menyampaikan rasa penghargaannya kepada Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa yang dinilainya ikut berjasa dalam mengembangkan olah raga pencak silat.

Menyangkut undangan yang disampaikan oleh Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa kepada Wapres untuk bersedia membuka Rakernas, Wapres mengaku jika waktunya memungkinkan dirinya akan hadir membuka Rakernas tersebut.

"Insya Allah, Rakernas nanti jika waktunya pas,'' pungkasnya.(mbs)


Related Tags :