Menatap Komunitas Sahabat Silat ditahun 2009






Tahun 2008 di lewati dengan ragam kegiatan oleh komunitas pencak silat Indonesia (Sahabat Silat ) dan di tahun 2008 pun menjadi tahun yang sangat sulit bagi komunitas sahabat silat untuk mempertahankan eksistensinya sebagai komunitas yang berkembang dan dapat dipercaya sebagai komunitas yang terbesar saat ini khususnya di dunia Online. Alhamdulilah dengan dukungan segenap sahabat silat di seluruh Dunia, komunitas sahabat silat mampu melewati masa-masa sulit dan kritis tersebut dengan kekompakan dan silaturahmi yang kuat.



Sejak minimnya kegiatan oleh FP2ST pertengahan tahun 2008, menyebabkan komunitas Sahabat Silat mau tidak mau harus membuka diri seluas-luasnya kepada masyarakat pecinta beladiri di Seluruh Nusantara. Dengan semangat ingin melestarikan silat sekaligus menikmati budaya bangsa ini dengan segala keutuhannya, komunitas sahabat silat menjadi bagian yang tidak bisa di pisahkan dalam ikut mempromosikan pencak silat kepada masyarakat dunia.



Liputan pencak silat yang di motori oleh komunitas sahabat silat melalui media seperti Televisi, Radio, Koran dan majalah di tahun 2008 merupakan rekor terbanyak dari tahun tahun sebelumnya. kalau di tahun 2007 liputan terkonsentarasi pada liputan Koran Tempo yang tiap minggu mengulas silat tradisional maka tahun 2008 liputan lebih beragam dan lebih luas, salah satu liputan yang cukup menarik datang dari JakTV dan MetroTv karena dinilai liputannya yang amat segar, televise lain yang tidak kalah menariknya dalam meliput pencak silat adalah SCTV, DAIITV.



Kerjasama dengan sebuah Koran Nasional sejatinya akan menjadi program tahun 2008, akan tetapi karena SDM pada komunitas Sahabat Silat yang terbatas menyebabkan program inipun tidak berjalan dengan baik. Bahkan ide brilian agar silat tradisional bisa On Air di Radio sebagai acara rutin pun juga harus di relakan karena kondisinya memang belum memungkinkan.



Akan tetapi bila kita review lagi sejak tahun 2007 maka kemajuan khususnya dari keragaman media liputan semakin meluas tidak sebatas hanya Koran atau televisi tertentu akan tetapi semakin luas, walapun TVRI, TPI dan RCTI belum secara khusus ikut dalam mempromosikan silat bersama sahabat silat akan tetapi dengan adanya media televisi lainnya di nilai sudah memenuhi target sahabat silat dalam mempromosikan silat kepada masyarakat.



Kemajuan pesat di Sahabat Silat adalan forum diskusinya, dimana setiap bulan pageview semakin bertambah tinggi, jumlah anggota yang mencapai angka 1000 dengan anggota aktiv mencapai 40-50 persen dinilai sdh cukup memenuhi target kita di tahun 2008 ini dengan perbandingan sebagai berikut :





  • Tahun 2007 (617.667 Pageview /7.201 Newpost) dan

  • Tahun 2008 ( 2.178.615 Pageview / 14.799 Newpost)



Perkembangan Forum Diskusi Sahabat Silat teryata  berbanding terbalik dengan Mailing-list dari Silatindonesia@yahoogroups, bila pada tahun 2007 milis silatindonesia bisa di katakana cukup ramai dan bahkan informasinya beragam, di tahun 2008 milis silatindonesia seolah tertinggal jauh oleh Forum sahabatsilat. Mungkin data ini akan mengingatkan kejayaan milis silatindonesia pada 3 tahun terakhir.





  • Tahun 2008 (2.364 Post),

  • Tahun 2007 (5.024 Post) dan

  • Tahun 2006(1.643 Post)



Dari data di atas bisa dikatakan bahwa tahun 2007 merupakan posted terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya, padahal milis silatindonesia hadir sejak tahun 2002, Bila kita review isi dari obrolan di milis pada tahun 2008 memang jauh berbeda dengan tahun 2007 yang di nilai oleh sebagian moderator menjadi bagian diskusi yang berkwalitas dengan kwantitas yang cukup banyak.



Menurut beberapa rekan dimilis hal ini terjadi karena milis kurang kuat untuk arena diskusi lebih cocok untuk informasi dan kegiatan saja.




Tahun 2009 di tengah krisis ekonomi dunia, tidak banyak yang kegiatan yang akan dilakukan oleh komunitas sahabat silat, program kerja seperti Workshop akan tetap dilaksanakan, kegiatan wisata silat bisa saja terlaksana bila memungkinkan. Hal ini karena ada beberapa perubahan cara pandang dan perubahan strategi dalam komunitas ini antara lain yang paling pokok adalah :





  • Kegiatan tidak lagi dikelola oleh FP2ST akan tetapi lebih banyak di gerakkan oleh komunitas Sahabat Silat dengan dukungan members di Forum maupun milis

  • Jumlah anggota di milis akan bertambah karena sesuai pemantauan jumlah pesilat online mencapai lebih 2000 orang, namun milis Silatindonesia baru mencapai 500 orang ( hal ini terjadi karena seringnya anggota keluar dan masuk )

  • Forum Diskusi akan semakin ramai karena masih banyak informasi pencak silat yang belum tergali dan belum di bahas secara detail. Namun jumlah anggota di Forum akan tetap, kecuali makin banyaknya “clone member”.

  • Artikel di Situs Silatindonesia akan semakin merosot tajam jumlahnya karena kebanyakan pesilat lebih senang menulis di Forum Diskusi dibandingkan harus menulis artikel apalagi tidak dibayar ( hehehehe)

  • Liputan Televisi, Radio, kemungkinan akan tetap ada, akan tetapi yang perlu di waspadai adalah jenuhnya liputan yang itu – itu saja. Padahal ada usulan bagaimana kalau liputan silat mengadopsi liputan seperti jejak petualang

  • Kegiatan pelatihan silat tradisional akan tetap seperti saat ini, perkembangan jumlah anggota tidak akan terlalu banyak seiring dengan jumlah minat para pemuda terhadap silat jg amat kurang. Apalagi umumnya pesilat masih aktif di perguruannya masing-masing sehingga katanya takut kualat kalau harus ikut aliran lainnya ( hehehehe)

  • Lokasi ngumpul di Padepokan TMII Jakarta menjadi tempat paling menjenuhkan, mungkin harus di cari lokasi lain yang lebih enjoy.

  • Adanya beberapa perguruan yang tidak suka dengan members sahabat silat karena di sinyalir banyak member sahabat silat yang berwajah tampan (loh kok)

  • Tingkat kegilaan anggota sahabat silat terhadap silat tradisional tidak menurun. (wah gawat)

  • Member sahabat silat di perkirakan akan banyak membuka wahana informasi baru tentang seluk beluk dan asal usul silat di Indonesia, namun Karena informasi akan terkesan sensitive terhadap perguruan / aliran lain sehingga banyak diskusi dilakukan di Offline forum.

  • Tahun 2009 di nyatakan sebagai tahun para sahabat silat untuk membuktikan diri untuk membangun komunitas ini lebih baik dan terbuka.



Perkiraan dan analisis di atas hanya sebatas dari apa yang di ungkapkan para sesepuh sahabat silat, sehingga kemungkinan analisis ini bisa saja kurang tepat. Akan tetapi niat memajukan komunitas silat Indonesia merupakan program yang harus dilaksanakan terus menurus, karena disanalah berbagai wajah, pemikiran, wawasan, idealisme dan keterbukaan membaur menjadi satu di komunitas Sahabat Silat yang selalu bersilaturahmi.



Penulis adalah pengamat dan pemerhati Komunitas Sahabat Silat






Dokumen terkait :
http://silatindonesia.com/2008/12/review-2008-dan-selamat-tahun-baru-2009/

Mohon maaf bila pada tulisan ini banyak kata "akan tetapi"


Related Tags :

 

Forum Sahabat Silat