Review 2008 dan Selamat Tahun Baru 2009




Tahun 2008 begitu banyak kenangan indah yang kita lalui bersama komunitas sahabat silat Indonesia, dan tidak lupa kami ucapkan selamat tahun baru 2009 kepada seluruh komunitas silat Indonesia. Di tahun 2008 banyak kegiatan yang kita lakukan bersama bahkan dari kemunduran dan kemajuan komunitas ini ada di tahun 2008.



Catatan Kegiatan


Apa saja yang menjadi catatan di tahun 2008 yang lalu, di awali dengan kegiatan Diskusi Bulanan pada bulan Januari 2008 Sahabat Silat berhasil mengadakan kegiatan yang di selenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah tepatnya di Anjungan Sumatra Barat, “Silek Harimau Minang” menjadi tamu undangan kita dan share informasi mengenai silat asli Sumatra tersebut. Tidak kurang 30 Tamu undangan yang hadir disana menyemarakkan kegiatan yang satu ini, dan turut di Publikasikan di Koran Poskota.



Pada bulan Februari 2008, atas kerja keras panitia bersama Tim Sahabat Silat lainnya, berhasil menyelenggarakan acara Diskusi Bulanan yang terbilang unik yaitu “ Aliran Cimande langsung dari Tari Kolot” Sesepuh yang namanya sudah tidak asing lagi hadir membagikan wawasan silatnya kepada sahabat silat dan tamu undangan, Bapak Ace itulah nama yang cukup dikenal sebagai sesepuh dari cimande tari kolot.



Di bulan Maret dan April kegiatan lebih banyak di pusatkan pada kegiatan internal di komunitas sahabat silat, disini banyak kejadian yang membuat pusing para petinggi dan koordinator sahabat silat, karena banyak di antara kawan-kawan lama yang tiba-tiba menghilang dari peredaran kegiatan, maklumlah kegiatan sahabat silat pada bulan inipun sepi dari ide-ide.



Di Bulan Mei bertepatan dengan HUT Silat Beksi, komunitas sahabat silat mendapatkan undangan kerjasama dalam acara Diskusi Bulanan “Silat Beksi” yang di selanggarakan di Pusat kebudayaan Betawi Situ babakan, liputan melalui televisi seperti JAKTV dan beberapa media lainnya ikut memberikan sumbangsih bagi penyebaran informasi tentang pencak silat.



Seperti tahun-tahun sebelumnya Bulan Juni adalah hari yang sangat istimewa atau paling sakral bagi komunitas sahabat silat, pada saat itulah beberapa anggota berkumpul di Padepokan TMII Jakarta, mendirikan Komunitas Silat Indonesia dengan nama Forum Pecinta Pelestari Silat Tradisional Indonesia ( FP2ST), dan perayaan HUT kedua tersebut di hadiri langsung oleh sesepuh FP2ST bapak Edy M Nalapraya dan seluruh jajaran anggota komunitas sahabat silat, Suasana memang tidak seramai pada HUT Sahabat silat sebelumnya.


Liputan Jaktv untuk acara "komunitas kita" juga menjadi bagian yang menarik, karena umumnya liputan lebih berorientasi pada FP2ST namun kali ini lebih menonjolkan sisi komunitas silat online, baik di milis maupun di forum diskusi, tayangannya termasuk cukup menarik.



Pada hari dan bulan yang sama, setelah HUT Sahabat Silat, “Tim Silat Bandrong ikut menyemarakkan kegiatan Diskusi Bulanan di Padepokan silat Nasional TMII Jakarta, Tim Panitian berusaha sekuat tenaga agar acara ini dapat dinikmati oleh semua kalangan komunitas sahabat silat di seluruh Indonesia.



Pada bulan agustus ada dua kegiatan yang amat penting berkaitan dengan Semangat HUT RI maka pada perayaan ini Tim sahabat Silat mendapatkan undangan dari radio Dradio untuk wawancara mengenai silat dan semangat kemerdekaan RI.



Sedangkan kegiatan yang cukup menarik pada bulan agustus 2008 adalah ziarah ke makan sesepuh silat Cingkrik, acara ini dikemas oleh Tim Cingkrik Goning dan sahabat silat Indonesia.



Memasuki bulan puasa pada September 2008, seperti tahun-tahun sebelumnya kegiatan agak menurun, salah satu kegiatan yang cukup menarik yaitu buka puasa bersama oleh komunitas sahabat silat di Pasar festival kuningan Jakarta.



Pada bulan yang sama pak Edy Nalapraya mengundang sebagian anggota sahabat silat untuk buka puasa bersama sekaligus silaturahmi dengan Bapak Edy M Nalapraya di kediamannya di Cipayung Bogor.



Bulan Desember menjadi bulan yang cukup menarik karena selama ini sahabat silat memberi nama Diskusi bulanan untuk kegiatannya, dan atas masukan dan pertimbangan maka nama itu diganti menjadi Workshop Sahabat Silat, karena ini acara perdana maka kegiatan yang biasanya dilakukan di Padepokan Silat TMII, dan kali ini kegiatan kita lakukan sedikit berbeda yaitu lokasi workshop di pusat kota, pilihan jatuh pada gedung tearter Utan Kayu Jakpus, dan acara Workshop ini memang unik yaitu silat Gerak Gulung Budi Daya.


Liputan silat khususnya dari media televisi mungkin terbanyak pada bulan desember ini, setidaknya ada Metro TV, Astro Awani, SCTV dan media lainnya seperti Koran Kontan.



Itulah sedikit review kegiatan sahabat silat selama tahun 2008, memang diakui selama kegiatan banyak kekurangan disana sini, dengan semangat komunitas kami percaya bahwa kita bisa melakuka apa saja asalkan mendapatkan dukungan dari pesilat lainnya, walaupun kegiatan ini terkesan milik sahabat silat, namun sesungguhnya kegiatan ini turut mengundang sahabat lainnya dari kalangan manapun juga.



Memang masih cukup disayangkan minat perguruan silat, mahasiswa dan pesilat pada umumnya masih kurang alias minim pesertanya, sehingga bisa di katakana bahwa umumnya kegiatan sahabat silat pada tahun 2008 di isi oleh kalangan dari sahabat silat yang bergabung di Forum Diskusi Sahabatsilat.com, pembaca Situs Silatindonesia.com, dan komuitas silat Indonesia melalui milisnya di silatindonesia@yahoogroups.com.



Catatan Website



Dari sisi situs kita cukup berbahagia karena pada tahun 2008, pengelolaan situs di jaringan silatindonesia kembali di tertibkan, sahabatsilat.com, silatindonesia.com menjadi situs resmi bagi komunitas silatindonesia. Dan di kembangkan satu situs videosilat.com yang lahir pada bulan September 2008.



Kalau secara kunjungan seluruh situs di jaringan silatindonesia sudah tidak diragukan lagi, karena saat ini jaringan silatindonesia sudah menjadi jaringan terbesar khusus silat di media Internet, walaupun demikian ada catatan yang cukup menyedihkan, yaitu liputan silat tradisional sudah jarang ditulis oleh anggota komunitas, moderator baik di milis maupun di sahabatsilat.com kurang aktif dan ini menyebabkan kepincangan tim yang mengelola di balik kedua media tersebut dan tentunya karena moderator tidak aktif akhirnya membebani moderator lainnya. Tim Admin di Sahabatsilat.com juga dilakukan peremajaan guna menunjang pengelolaan yang lebih baik lagi. Tentunya media – media ini harus tetap ada yang memberikan perhatian, karena tanpa campur tangan moderator yang sudah dipercayakan maka media ini akan sepi bahkan tidak terkelola dengan baik. Harapannya di tahun 2009 temen-teman moderator bisa bangkit lagi mengelola media di jaringan silatindonesia.




Sekali lagi kami ucapkan selamat Tahun baru 2009, Tetap semangat.!!!!




Related Tags :