Pencak Silat: Kaitan antara Malaysia-Indonesia



Budaya dan seni merupakan salah satu hal yang bisa mempereratkan tali silahturahmi antara satu negara dengan negara lain. Itulah suasana yang tergambar pada hari Kamis (04/12) dalam acara “Kunjungan Budaya Kasih Serumpun”, yaitu pertunjukan seni bersama antara tim kesenian Universitas Padjadjaran dan Universiti Sains Islam Malaysia, di Grha Sanusi Hardjadinata, Jalan Dipati Ukur, Bandung.

Setelah PR Bidang Kemahasiswaan Unpad menyambut kunjungan USIM, tim kesenian USIM bersama dengan Unpad melakukan beberapa kegiatan, di antaranya melakukan diskusi, bengkel kesenian, dan pertunjukan kesenian. Kegiatan diskusi menjadi awal dari rangkaian acara ini, diskusi ini membawa tema “Seni Pencak Silat: Kaitan antara Malaysia-Indonesia”.

Dalam diskusi ini, baik dari Unpad maupun USIM menampilkan 1 tim yang terdiri dari 5 orang mahasiswa. Diskusi yang berlangsung kurang lebih selama 30 menit ini banyak menarik perhatian, karena masing-masing tim mempresentasikan materi seni bela diri Pencak Silat dan saling bertukar pikiran.

Berdasarkan presentasi yang dibawakan oleh tim USIM, di Malaysia terkenal dengan 3 jenis Pencak Silat. Dan mereka pun mengakui bahwa Pencak Silat tersebut banyak mendapat pengaruh dari Pencak Silat yang ada di Indonesia.

Tim Unpad melalui presentasinya menyatakan bahwa Pencak Silat merupakan seni bela diri yang berasal dari Melayu, yang memiliki aspek di antaranya aspek spiritual, fisik, dan juga olah raga. Adapun lahirnya seni bela diri ini, menurut pengakuan mereka, bukanlah dari peperangan namun justru dari pertahanan diri atau untuk bertahan hidup.

Dari diskusi ini kedua tim sepakat membuat kesimpulan mengenai tema yang bersangkutan yaitu seni bela diri Pencak Silat memang berasal dari Melayu, namun sudah mengalami banyak akulturasi budaya, baik budaya yang ada di Malaysia maupun yang ada di Indonesia sendiri. Kemudian tim kesenian Unpad juga sempat memperagakan seni bela diri Pencak Silat Jawa Barat di hadapan tim USIM.


Related Tags :

 

Forum Sahabat Silat