Para Penikmat Silat





Kalau anda seorang pesilat, ataupun pecinta beladiri, situs silatindonesia.com tidak boleh anda lewati, karena disinilah berbagai informasi mengenai pencak silat bisa anda temui. Situs ini bercinta-cita mendokumentasikan beragam aliran silat yang ada di nusantara, dan juga informasi mengenai perkembangan dan kegiatan perguruan pencak silat di tanah air maupun dunia.

Di dukung oleh komunitas pencak silat Indonesia dan sahabat silat silat Indonesia, situs ini seolah tidak akan pernah kehabisan berita, karena para anggota komunitas sangat aktif memberikan informasi bahkan menulis artikel adalah salah satu bagian yang sangat menonjol di komunitas ini.

Silatindonesia.com seolah menjadi rumah bagi sebagian besar anggota komunitas maupun pengunjung lainnya, sehingga beberapa kali situs ini harus pindah server untuk mencari unlimited bandwidth yang lebih besar.

Anggota komunitas silat Indonesia, biasa berkumpul secara online di forum diskusi sahabatsilat.com dan milis silatindonesia@yahoogroups.com. Sejauh ini anggotanya juga sudah mencapai 1000 lebih, dan dasyatnya lagi anggotanya aktif semua, begitupun dengan milis yang anggotanya sudah mencapai 500 anggota yang  rata-rata masih aktif. Sehingga tidak bisa di abaikan fungsi media dan komunitas ini untuk memajukan silat di Indonesia.

Kalau saja IPSI maupun perguruan lain perduli maka informasi pencak silat bisa di sampaikan melalui komunitas yang cair ini, walaupun anggota komunitas ini bukanlah pesilat professional akan tetapi kepeduliannya sudah bisa di buktikan dengan nyata, contohnya saja, liputan media massa baik dari TV, Radio hingga Koran sudah menjadi bagian publikasi mereka.

Komunitas Silat Indonesia terdiri dari beberapa komunitas kecil di dalamnya, seperti komunitas sahabat silat yang identik di sebut dengan sahabat silat yang kebayakan adalah anggota forum diskusi, begitupun dengan milisnya yang juga menjadi bagian sahabat silat. Ada juga FP2ST atau ‘Forum Pecinta dan pelestari Silat Tradisional Indonesia”, FP2ST merupakan komunitas yang lebih mengkhususkan diri pada silat tradisional, dan yang tidak kalah banyaknya juga ada "Komunitas Penikmat Silat"  yang baru saja dibentuk oleh beberapa anggota yang memang menyenangi silat namun sebatas pada penikmat.

Namun semua anggota komunitas ini tetap menjadi satu kesatuan walaupun berbeda keinginan dan tujuan kecintaan mereka pada silat sudah menjadi satu bagian yang tak bisa di pisahkan. Komunitas Pencak Silat Indonesia dalam waktu kedepan lebih mengharapkan kepada anggota lebih aktif dalam mengadakan kegiatan, intinya kegiatan di komunitas ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh members untuk members, sehingga tidak ada kata penikmat yang hanya menjadi penikmat kegiatan, “kalau menjadi penikmat keindahan silat, itu sih bagus”, ujar beberapa anggota komunitas ini saat mereka berkumpul.

Acara atau kegiatan di komunitas ini cukup beragam dari latihan, kumpul bareng, cari berita, diskusi, wisata hingga kongkow di cafe kelas teri hingga kelas selebritis sudah biasa. “ walaupun kita suka sama yang tradisional, tapi ngumpulnya tetap di tempat yang modern dong, sambil menikmati hotspot internet di Mal-mal,” kata seorang anggota lainnya.

Walaupun kini pencak silat lebih identik dengan IPSI dan Perguruan besar yang mayoritas lebih mementingkan Sport dan prestasi toh penggemar dari komunitas Silat ini juga tidak boleh di lupakan, kalau saja semua mayarakat pencak silat bersatu maka silat bukanlah sesuatu yang  asing di negerinya sendiri. Karena silat bukanlah milik satu perguruan tapi milik Bangsa Indonesia, disinilah kita seharusnya mulai belajar menghargai aliran apapun di luar perguruan yang di ikuti oleh pesilat itu sendiri. (sahabatsilat.com)


Related Tags :

 

Forum Sahabat Silat