Jember kota pencak silat perlu dievaluasi



Para atlit pencak silat dari berbagai perguruan, minta bupati Jember MZA Djalal, mengevaluasi kembali pencanangan kabupaten Jember, sebagai kota pencak silat.

Menurut mereka, ketentuan muatan lokal, yang masuk sebagai kurikulum pendidikan di sd, hanya gebrakan bupati semata, tidak jelas kelanjutannya.

pantauan prosalina, hanya sebagian sd di Jember, yang sudah menerapkan muatan lokal pencak silat.

ketua perguruan pencak silat, tapak suci kecamatan ambulu, bejo sukatman mengatakan, selama ini banyak guru olah raga sd, yang tidak menguasai pencak silat, sehingga terkesan asal-asalan mengajar.

ia berharap, dinas pendidikan melibatkan atlit-atlit pencak silat, untuk mengoptimalkan pelaksanaan kurikulum pencak silat di setiap sekolah.

hal senada disampaikan nasrudin shodik, dari perguruan pencak silat cimande. meski anggaran program pencak silat di Jember jumlahnya besar, namun pelaksanaannya tidak serius.

oleh sebab itu, shodik berharap pencanangan kabupaten Jember sebagai kota pencak silat oleh bupati mza jalal, di evaluasi kembali.

sementara ketua komisi disiplin dan pelaksana lapangan, ikatan pencak silat indonesia atau ipsi Jember, kusnandi melihat, besarnya anggaran untuk menunjang kemajuan pencak silat, belum sebanding dengan kenyataan di lapangan.

buktinya, prestasi atlit pencak silat Jember, masih tertinggal dengan atlit dari luar daerah, di jawa timur maupun nasional.

ketua bidang pendidikan tk dan sd, dinas pendidikan Jember, jumari, mengakui belum maksimalnya pelaksanaan kurikulum pencak silat. penyebabnya, belum adanya peraturan bupati Jember, terkait pelaksanaan muatan lokal pencak silat, yang diterapkan dalam kurikulum pendidikan.

tanpa adanya ketentuan kurikulum yang jelas, penerapannya juga tidak bisa maksimal jumari berharap, para guru olah raga sd, tidak menganggap muatan lokal pencak silat, sebagai pelajaran seni beladiri semata, melainkan sebagai olah raga senam, seperti olah raga lainnya.

dinas pendidikan, juga berencana melibatkan para atlit, untuk mengoptimalkan muatan lokal pencak silat, di setiap sekolah di Jember.

source : prosalinaradio.com


Related Tags :