PENCAK SILAT: Siap Tempur di ABG






CINTA OLAHRAGA INDONESIA - Tim pencak silat Indonesia yang akan bertanding di Asian Beach Games (ABG) 2008 di Bali, Oktober mendatang, semuanya dalam kondisi siap tempur. Tim yang terdiri dari 10 pesilat tersebut akan berlaga dalam 8 nomor yang dipertandingkan. Mereka pun tetap menjalankan aktivitas latihan meski dalam suasana puasa.

"Semua pesilat dalam kondisi siap tempur baik stamina maupun kecepatan. Kalau soal teknik, mereka semua juga sudah menguasai dengan baik. Selama puasa ini kami juga tetap latihan seperti biasa. Namun, kami sesuaikan waktunya. Di pagi hari, kami hanya latihan ringan saja. Baru sore harinya kami bisa latihan fisik dan kecepatan," ujar Manajer Tim Pencak Silat Indonesia untuk ajang ABG, Bambang Rus Effendi, ketika dihubungi Suara Karya, Minggu (31/8) malam.
Menurut Bambang, selama puasa program latihan harus benar-benar seimbang. Artinya, jangan sampai kondisi pesilat drop lantaran terlalu keras berlatih. Namun, juga harus dijaga jangan sampai kecepatan menurun. "Di sinilah pintar-pintarnya kami menyeimbangkan program latihan selama puasa," ujar Bambang.




Mengenai mundurnya dua pesilat asal Sulawesi Utara (Sulut), Pengki Simbar (kelas A) dan Amelia Roring (kelas B), Bambang mengatakan bahwa posisi keduanya di pelatnas ABG sudah tergantikan.

"Pengki memang mundur dari pelatnas ABG, tetapi Amelia Roring sebenarnya mundur sebelum dia mengikuti seleksi. Sekarang tempat keduanya sudah terisi. Ria Puspitasari dari Sumsel menggantikan Pengki di kelas A dan Ni Komang Ayu dari Bali akan bertanding di kelas B," ujar Bambang.

Menurut Bambang, selain Ria Puspitasari, semua pesilat pelatnas ABG sudah masuk dalam pemusatan latihan di Bali sejak 10 Agustus lalu. "Ria memang masih harus dipoles lagi karena dia masuk belakangan. Selain itu, dia juga harus menyesuaikan diri dengan arena berpasir," ujar Bambang.

Meski baru bergabung, Bambang melihat ada grafik peningkatan pada kemampuan Ria. Ia juga optimistis Ria tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi di gelanggang berpasir. "Ria sudah menunjukkan peningkatan yang bagus, dan saya yakin dia akan siap 100 persen pada saatnya nanti," ujar Bambang.

Sebelumnya diberitakan, Pengki Simbar dan Amelia Roring mundur dari pelatnas karena ingin ikut dalam penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di daerahnya. Hal itu dikemukakan Komisi Teknik Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sulut, Ventje Simbar, pekan lalu. Kedua pesilat tersebut lebih memilih mempersiapkan berbagai keperluan untuk masuk CPNS di daerah itu.

Pengky Simbar merupakan atlet pencak silat terbaik Sulut yang berhasil meraih medali emas di SEA Games 2007 serta PON XVII Kalimantan Timur (Kaltim), sementara Amelia Roring meraih emas di PON Kaltim.

Pada ABG di Bali, Oktober mendatang, pencak silat mempertandingkan 8 nomor, yakni kategori tanding kelas A putri, B putri, A putra, dan H Putra. Sementara kategori seni dipertandingkan nomor ganda putra, ganda putri, tunggal putra, dan tunggal putri. ***





Related Tags :

 

Forum Sahabat Silat